Main Article Content

Abstract

Kompetisi E-Sports kini sedang berkembang pesat di Indonesia. Terbukti dengan para gamers di Indonesia sekarang berlomba lomba membangun tim E-Sports untuk berkompetisi mengikuti turnamen. Di Indonesia ada beberapa platform kompetisi E-Sports namun masih memiliki permasalahan user interface (UI) serta user experience (UX) yang kurang sesuai dengan pengguna. Hasil pengujian menunjukan bahwa permasalahan UI dan UX pada platform kompetisi E-Sports disebabkan rata rata informasi yang diperoleh kurang jelas atau tidak detail, proses validasi pendaftaran yang rumit serta tampilan UI yang kurang E-Sports oriented. Dari permasalahan tersebut maka akan dikembangkan aplikasi baru yaitu Arenasia sebagai penyempurna dari platform E-Sports sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode Human-Centered Design (HCD) dengan tahapan proses yaitu observasi, membuat ide, membuat prototype serta pengujian dengan melibatkan langsung pengguna yaitu para player game dalam merancang platform ini agar sesuai dengan requirement yang tepat sasaran. Hasil dari penelitian ini menghasilkan feedback evaluasi permasalahan yang memberikan referensi yang valid untuk mengembangkan platform sesuai dengan usability sudut pandang E-Sports.

Keywords

Usability Human-Centered Design E-Sports Requirement Oriented

Article Details