Main Article Content

Abstract

Abstract—Pendidikan di Indonesia sangatlah penting untuk mengembangkan pengetahuan diri bagi remaja saat ini. Dimana pendidikan menjadi tolak ukur penilaian bagi seseorang untuk melamar pekerjaan atau pendidikan yang lebih tinggi untuk menguasai proses pembelajaran yang menghasilkan pemahaman yang kritis dalam berpikir seperti memilih perguruan tinggi.

Belum terdapat sistem yang dapat membantu proses pengambilan keputusan untuk menghasilkan hasil rekomendasi berdasarkan karakteristik calon pendaftar sesuai dengan kriteria masih menjadi kendala. Metode klasifikasi yang tepat digunakan pada penelitian ini menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Kriteria yang digunakan berhubungan dengan hasil psikogram EPPS yang terdiri dari 15 aspek kebutuhan. Data yang digunakan merupakan data calon mahasiswa prodi fakultas Kedokteran tahun angkatan 2018 dan 2019.

Proses pembuatan sistem pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman python dengan framework Django. Keluaran dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan berbasis web untuk memberikan hasil rekomendasi penentuan diterima atau tidak diterimanya calon mahasiswa sesuai dengan nilai bobot yang diinputkan.

Keywords

K-Nearest Neighbor Sistem Pendukung Keputusan EPPS Web

Article Details