Main Article Content
Abstract
Salah satu bentuk bisnis retail online adalah Ecommerce yang memberikan kemudahan bertransaksi secara online dimanapun dan kapanpun tanpa perlu membuat pelanggan keluar rumah. Penting untuk pihak retail mencari tahu siapa saja pelanggan aktual dan potensial serta hal apa yang memotivasi mereka untuk membeli. Oleh karena itu mereka membutuhkan sebuah sistem untuk mengelola atau memanajemen hubungan mereka dengan para pelanggan yang dapat diwujudkan dengan Customer Relationship Management (CRM). CRM memiliki peran yang sangat penting dan positif dalam pangsa penjualan seperti meningkatkan produktivitas serta memberikan kepuasan dan wawasan yang lebih baik untuk para pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan wawancara. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode Prototyping. Sistem CRM diimplementasikan dengan platform website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem memiliki fitur tren penjualan, tren produk, tren wilayah serta tren pembeli aktif.
Keywords
CRM
Ecommerce
Pelanggan
Retail