Main Article Content

Abstract

Hadirnya e-commerce di Indonesia sebagai aktivitas jual beli barang atau jasa melalui internet memungkinkan dapat terjadinya cybercrime. Ancaman terjadinya cybercrime merupakan hal yang dapat mengganggu aktivitas e-commerce, sehingga konsumen maupun pelaku usaha harus mampu melindungi dari ancaman tersebut dengan cyber security. Maka peneliti berusaha melakukan penelitian terkait faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesadaran cyber security pada kalangan pelaku e-commerce terhadap ancaman cybercrime. Analisis data ini menggunakan sumber data primer dari hasil kuisioner yang dibagikan kepada pengguna e-commerce. Penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM), untuk mengukur hubungan antar variabel laten berupa pengetahuan dan kesadaran cyber security dengan demografi pengguna e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan cyber security terdapat hubungan yang memiliki sifat signifikan terhadap kesadaran cyber security pelaku e-commerce dan variabel jenis kelamin memiliki hubungan bersifat signifikan terhadap pengetahuan cyber security yang secara tidak langsung berpengaruh pada kesadaran cyber security.

Keywords

Cyber Security e-Commerce Structural Equation Modeling Kesadaran Pengetahuan

Article Details

Author Biographies

Galih Rahmadi, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika

Fakultas Teknologi Industri

Ahmad Raf'ie Pratama, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika

Fakultas Teknologi Industri