Main Article Content
Abstract
Hadirnya e-commerce di Indonesia sebagai aktivitas jual beli barang atau jasa melalui internet memungkinkan dapat terjadinya cybercrime. Ancaman terjadinya cybercrime merupakan hal yang dapat mengganggu aktivitas e-commerce, sehingga konsumen maupun pelaku usaha harus mampu melindungi dari ancaman tersebut dengan cyber security. Maka peneliti berusaha melakukan penelitian terkait faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesadaran cyber security pada kalangan pelaku e-commerce terhadap ancaman cybercrime. Analisis data ini menggunakan sumber data primer dari hasil kuisioner yang dibagikan kepada pengguna e-commerce. Penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM), untuk mengukur hubungan antar variabel laten berupa pengetahuan dan kesadaran cyber security dengan demografi pengguna e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan cyber security terdapat hubungan yang memiliki sifat signifikan terhadap kesadaran cyber security pelaku e-commerce dan variabel jenis kelamin memiliki hubungan bersifat signifikan terhadap pengetahuan cyber security yang secara tidak langsung berpengaruh pada kesadaran cyber security.
Keywords
Cyber Security
e-Commerce
Structural Equation Modeling
Kesadaran
Pengetahuan