Main Article Content

Abstract

Placeplus merupakan startup digital untuk reservasi dan manajemen coworking space secara online berbasis website. Dalam pengembangan sebuah startup, perancangan user interface (UI) dan user experience (UX) merupakan tahap yang penting. UI/UX akan memberikan kesan awal bagi calon pengguna. Artikel ini menjabarkan bagaimana UI/UX dirancang pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Terdapat 4 (empat) tahap dalam pendekatan UCD yaitu analisis, desain, evaluasi dan implementasi. User atau pengguna akan dilibatkan pada saat melakukan evaluasi pada desain yang dibuat, sehingga dapat dilakukan re-desain jika diperlukan. Hasilnya pada evaluasi awal user sempat kurang cocok dengan beberapa bagian desain, setelah dilakukan proses re-desain akhirnya user memberikan kesan baik terhadap placeplus.

Keywords

User Interface User Experience User Centered Design

Article Details

References

  1. Kamus Oxford Online “Laxico” dikutip pada 30 Maret 2020 : https://www.lexico.com/definition/co-working
  2. DSResearch, 2018 “Coworking Space Awareness in Indonesia 2018” dalam DSResearch : https://dailysocial.id/research/coworking-space-indonesia-2018
  3. Mawa Kresna (2016, 30 November) “Melacak Muasal Coworking Space di Indonesia” dikutip pada 30 Maret 2020 : https://tirto.id/melacak-muasal-coworking-space-di-indonesia-b5UK
  4. Joo, Heonsik, 2017 “A Study on Understanding of UI and UX, and Understanding of Design According to User Interface Change” dalam International Journal of Applied Engineering Research Volume 12, Number 20 : http://www.ripublication.com/ijaer17/ijaerv12n20_96.pdf
  5. Wijaya, Alvia Shanardi (2019, 21 Juni) “Human Centered Design Dan Perbedaan Dengan User Centered Design” dikutip pada 5 April 2020: https://sis.binus.ac.id/2019/06/21/human-centered-design-dan-perbedaan-dengan-user-centered-design-2/
  6. Abras, C., Maloney-Krichmar, D., Preece, J. (2004) User-Centered Design. In Bainbridge, W. Encyclopedia of Human-Computer Interaction. Thousand Oaks: Sage Publications. (in press) https://www.academia.edu/download/6190316/10.1.1.94.381.pdf /
  7. Saputri, Yatana, 2017 “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web” dalam JURNAL NASIONAL TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI-VOL.03NO.02(2017)269-278 https://teknosi.fti.unand.ac.id/index.php/teknosi/article/view/328/122
  8. Purnomo, Dwi, 2017 “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi” dalam Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol.2 No.2 : https://media.neliti.com/media/publications/264541-model-prototyping-pada-pengembangan-sist-1571738b.pdf
  9. Harry B. Santoso, PhD “Evaluasi dan Desain” http://ocw.ui.ac.id/pluginfile.php/2072/mod_resource/content/1/12%20-%20Evaluasi%20Desain%20Interaksi.pdf