Main Article Content
Abstract
Penggunaan plastik dapat ditemukan dalam kegiatan sehari-hari. Namun tanpa kita sadari limbah dari plastik tersebut dapat merusak lingkungan. Sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk hancur, sehingga sangat berdampak buruk bagi lingkungan. Untuk mengubah kebiasaan tersebut agar penggunaan plastik dapat lebih bijak maka dari itu diperlukan pola pikir sejak dini, terutama saat SD karena sebuah masa dimana anak-anak membangun pola pikir dan mempelajari berbagai dasar dari ilmu pengetahuan. Dengan permasalahan tersebut peneliti bertujuan membuat gim edukasi bahaya sampah plastik ber-genre strategi yang ditujukan untuk anak SD dengan nama “Plastic Stream”. Melalui gim edukasi anak-anak dapat bermain sambil belajar karena dengan gim seorang anak dapat berinteraksi dan mendapatkan feedback. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan gim edukasi “Plastic Stream” dapat memberikan pemahaman mengenai bahaya sampah plastik dan berdasarkan hasil pengujian black box gim dapat berjalan dengan baik.
Keywords
gim edukasi
anak SD
sampah plastik