Main Article Content

Abstract

Pertanian adalah sektor yang berperan penting dalam ketahanan pangan di Indonesia. Bidang pertanian sebagai salah satu donatur utama dalam produk domestik bruto. Hal ini tidak terlepas dari mata pencaharian penduduk Indonesia yang sebagian besar berada pada sektor pertanian. Namun, pada saat ini pengelolaan sektor pertanian belum dapat memberi kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu kendala pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani adalah kurangnya informasi lahan siap tanam dan tidak adanya modal untuk mengolah lahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah menyiapkan sebuah wadah untuk mempertemukan pemerintah selaku pemilik lahan, petani selaku penggarap, dan investor selaku pemilik modal. E-Grow merupakan sebuah portal berbasis mobile yang berfungsi untuk mempertemukan pihak yang berperan dalam pengolahan dan pengembangan lahan pertanian sehingga petani akan mendapatkan informasi lahan siap tanam dan memperoleh modal untuk mengolah lahan pertanian melalui sistem ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani serta mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

Keywords

produk domestik bruto agraris pangan strategis ketahanan pangan

Article Details

Author Biography

Nurastuti Wijareni, Universitas Islam Indonesia

Nurastuti Wijareni, Rimashanda, Dea Anggraeni, Dina Febriana

References

  1. Kementrian Kesehatan (Kemenkes), 2019, “17,7% Balita Indonesia Masih Mengalami Masalah Gizi” databoks.katadata.co.id, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/01/25/177-balita-indonesia-masih-mengalami-masalah-gizi.
  2. Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Badan Karantina Pertanian, 2019, “ Arah, Kebijakan, Strategi dan Program Pembangunan Pertanian 2020-2024” karantina.pertanian.go.id, [Online]. Available: https://karantina.pertanian.go.id/fileman/Uploads/Documents/Perencanaan/Materi_Ka.%20biro%20perencanaan.pdf.
  3. U. Jamilatul Farida, Journal of Islamic Economic Lariba, “Memahami Konsep Al-Falah Melalui Upaya Penguatan Ketahanan Pangan Dalam World Islamic Economic Forum (WIEF), Volume 1, Issue 1”, 2015, journal.uii.ac.id, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/JIELariba/article/view/3719.
  4. C. Sungkono dan P. Wuriarti, “Laporan Pembangunan Dunia Pembangunan dan Generasi Mendatang”, 2007, documents.worldbank.org, [Online] Available: http://documents.worldbank.org/curated/en/313011468314730570/pdf/359990BAHASA0W101OFFICIAL0USE0ONLY1.pdf