Main Article Content

Abstract

Abstract— Pendar Foundation merupakan sebuah organisasi sosial yang bergerak di bidang filantropi dengan kegiatan utamanya adalah menyelenggarakan sekolah Desa. Sekolah Desa merupakan kegiatan belajar mengajar informal kepada anak-anak buruh dan petani di desa kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan tujuan meminimalisasi kesenjangan pendidikan antara di desa dan di kota. Permasalahan yang terjadi, saat ini Pendar masih menggunakan cara manual dalam pendataan, sehingga menimbulkan ketidakefektifan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengembangan front-end sistem informasi pendataan pendar foundation Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah analisis UI/UX beserta dengan rancangan antarmuka sistem. Model sistem informasi berbasis web yang dirancang tersebut diharapkan dapat memfasilitasi pengguna dalam proses pendataan.

Keywords

Pendar Foundation Sistem Informasi UI/UX.

Article Details

References

  1. VI. REFERENSI
  2. I. w. A. A. Putra and I. G. A. G. A. Kadyanan, "Pengembangan Front End Sistem Informasi Manajemen Absensi Pegawai Avatar Solutions," Elektronik Ilmu Komputer Udayana, Vols. 7, No 3, p. 187, 2019.
  3. A. Hidayat and B. Suraso, "PENERAPAN ARSITEKTUR MODEL VIEW CONTROLLER (MVC) DALAM RANCANGAN BANGUN SISTEM KUIS ONLINE ADAPTIF," SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI , vol. II, p. 58, 2012.
  4. A. A. Razi, I. R. Mutiaz and P. Setiawan, "Penerapan Metode Design Thinking pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer," deemandia, vol. 03 No 02, p. 78, 2018.
  5. E. A. Rahmasari and D. H. Yanuarsari, "Kajian Usability dalam Konsep Dasar User Experience pada Game "ABC KIDS-TRACING AND PHONICS" sebagai Media Edukasi Universal untuk Anak," Demandia, vol. 02 No 01, pp. 52-53, 2017.
  6. F. Guo, "More Than Usability : The fOur Elements of User Experience, Part 1," UX matters, 24 April 2012. [Online]. Available: https://www.uxmatters.com/mt/archives/2012/04/more-than-usability-the-four-elements-of-user-experience-part-i.php#top. [Accessed 31 May 2020].
  7. A. I. Yunus, "PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI SIAKAD DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA," Fakultas Teknologi Dan Informatika Institut Bisnis Dan Informatika STIKOM Surabaya , vol. II, no. 30, p. 7, 2018.
  8. R. R. Febria, F. Sadika and Y. Herlambang, "PERANCANGAN ULANG LAYOUT KAPAL RIB "RIGID INFLATABLE BOAT" BERDASARKAN ASPEK ERGONOMI," Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, vol. II, p. 2, 2019.