Main Article Content

Abstract

Laporan keuangan adalah berkas yang berisi pencatatan uang, yang dibuat untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi pembuatan laporan keuangan saat ini menjadi sangat terbantu, salah satunya dengan menggunakan sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang mencatat dan memproses data menjadi sebuah informasi yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu sistem informasi akuntansi sangat diperlukan untuk membantu mencapai tujuan dan meningkatkan kualitas manajemen. Desa wisata Pentingsari merupakan desa wisata yang berlokasi di Yogyakarta. Pada Desa wisata Pentingsari terdapat kendala atau masalah yang dihadapi selama ini dikarenakan pencatatan keuangannya masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan pengurus desa wisata mengalami kesulitan dalam melakakuan penyusunan pembukuan keuangan serta rawan terjadinya kesalah perhitungan yang disebabkakn kelalaian manusia. Berlandaskan hasil yang didapat selama observasi dan wawancara, maka dibuatkanlah sistem informasi akuntansi dengan menggunakan metode prototyping sebagai jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi. Dengan hasil sebuah prototype sistem informasi akuntansi yang sesusai dengan kebutuhan pengguna serta dapat dimanfaatkan untuk membantu kinerja pengelolaan keuangan.

Keywords

Sistem Informasi Akuntansi Desa Wisata Pentingsari Metode Prototyping

Article Details

References

  1. N. Aini and L. Rifani, "Pengembangan Desain Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah Kampung Kue Roti Surabaya," Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, pp. 509-524, 2-3 November 2015.
  2. N. Muthia, H. Amalia, A. Puspita and A. F. Lestari, "Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dengan Model Waterfall Berbasis Java Desktop," Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, vol. 5, no. 1, pp. 15-22, 2019.
  3. E. Callestyo and P. Adiasih, "Rancang Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pendapatan Hotel "X" di Surabaya," Business Accounting Review, vol. 5, no. 2, pp. 769-780, 2017.
  4. M. Kabuhung, "Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Untuk Perencanaan dan Pengendalian Keuangan pada Organisasi Nirlaba Keagamaan," EMBA, vol. 1, no. 3, pp. 339-348, 2013.
  5. N. A. I. Kesuma and A. Setiawaty, "Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Penyusunan Laporan Keuangan," Ekonomi dan keuangan, vol. 13, no. 2, pp. 151-163, 2016.
  6. A. Machfuzhoh, E. Nurhayati and E. Suryani, "Pengelolaan Keuangan Bagi Masyarak Desa Wisata Kampung Bambu Desa Banyuresmi Pandeglang," Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 88-94, 2020.
  7. K. A. Warsadi, T. N. Herawati and I. P. Julianto, "Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah Pada PT. Mama Jaya," Akuntansi Program S1, vol. 8, no. 2, 2017.
  8. A. A. Pradipta, Y. A. Prasetyo and N. Ambarsari, "Pengembangan Web E-commerce Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype," e-Proceeding of Engineering, vol. 2, no. 1, pp. 1042-1056, 2015.
  9. R. C. N. Santi and A. Fitriyah, "Perancangan Interaksi Pengguna (User Interaction Design) Menggunakan Metode Prototype," Teknik Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 108-113, 2016.
  10. L. and B. Kurniawan, "Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Sinar Kapuas Cemerlang)," Jurnal Riset Informatika, vol. 1, no. 4, pp. 187-196, 2019.
  11. R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7, Yogyakarta: Andi, 2012.