Main Article Content

Abstract

Abstract — Seiring pertumbuhan e-commerce, peranan media sosial telah bertransformasi menjadi social commerce. Pertumbuhan ini secara tidak langsung mengubah cara berinteraksi word of mouth marketing (WOMM) dari tradisional menjadi modern. Media sosial dapat memberikan ruang bagi konsumen untuk saling berinteraksi memberikan ulasan, sharing, dan bahkan rekomendasi. Hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi individu untuk membeli suatu produk. Terdapat 2 tipe produk dari ulasan konsumen yaitu search product dan experience product. Mengevaluasi ulasan produk dengan jumlah yang banyak dibutuhkan analisis sentimen untuk mengelompokkan ulasan pengguna menjadi opini positif, negatif, atau netral guna membantu baik perusahaan maupun individu untuk mengetahui kualitas produk secara detail. Tujuan paper ini adalah untuk memberikan gambaran tahapan analisis sentimen dan hal-hal terkait yang ada di dalamnya, sehingga dapat membantu pembaca atau peneliti lain dalam  meningkatkan pemahaman mengenai analisis sentimen ulasan produk. Hasil dari tinjauan literatur ini yaitu: 1) Tipe experience product lebih banyak digunakan dalam analisis sentimen produk, 2) Tahapan preprocessing dapat dilakukan dengan langkah yang berbeda-beda, 3) Penambahan fitur dapat meningkatkan nilai akurasi analisis sentimen.

Keywords

analisis sentimen tipe produk search product experience product ulasan produk preprocessing klasifikasi.

Article Details