Main Article Content
Abstract
Media sosial merupakan salah satu sumber Big Data yang besar dan kompleks. Youtube adalah salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Peristiwa, pendapat, dan kebijakan politik seringkali disampaikan melalui media sosial Youtube. Pada makalah ini penulis bermaksud untuk mendiskusikan tinjauan literatur mengenai analisis sentimen politik berdasarkan Big Data dari media sosial Youtube. Pengumpulan literatur-literatur dengan melakukan seleksi terhadap publikasi berdasarkan beberapa kriteria, yaitu: (1) Literatur yang membahas terkait analisis sentimen, (2) Literatur yang membahas terkait Big Data, (3) Literatur yang membahas metode klasifikasi dalam melakukan analisis sentimen. Berdasarkan tinjauan literatur didapatkan hasil, yaitu: (1) analisis sentimen dapat digunakan untuk meneliti sentimen dalam berbagai aspek kehidupan, (2) Metode naïve bayes classifier adalah metode klasifikasi yang paling sering dipakai dalam pengklasifikasian analisis sentimen, (3) Metode naïve bayes classifier umumnya memiliki akurasi yang lebih baik dari metode lain. (4) Analisis sentimen dapat dilakukan berdasarkan data dari media sosial Twitter dan Youtube
Keywords
Analisis Sentimen
Big Data
Media Sosial
Metode Analisis Sentimen