Main Article Content
Abstract
Teknologi saat ini berkembang sangat pesat sehingga dapat menunjang aktivitas manusia, salah satunya pada kegiatan belajar mengajar. Perkembangan teknologi sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar, terutama pada kondisi saat ini yang tidak diperbolehkan adanya proses belajar mengajar di kelas dikarenakan penyebaran wabah COVID-19. Tentunya hal ini mengharuskan seluruh kegiatan belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran daring untuk menghindari meningkatnya angka penyebaran wabah COVID-19, termasuk kegiatan mengajar di sekolah.
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Ngemplak merupakan salah satu sekolah yang menerapkan metode pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan platform meeting dan media sosial layaknya sekolah pada umumnya, tetapi dalam pelaksanaannya masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif metode pembelajaran daring melalui aplikasi gim edukasi supaya pembelajaran daring bisa lebih optimal. Proses penelitian dimulai dari beberapa tahapan metode, mulai dari observasi wilayah oleh penulis untuk mengetahui potensi dan kondisi sekolah yang menjadi target pengimplementasian gim edukasi, penentuan kebutuhan sekolah untuk pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah Ngemplak, dan penetapan tujuan dari hasil identifikasi kebutuhan yang telah didapatkan. Hasil dari penelitian ini adalah gim edukasi yang dapat diterapkan di SMP Muhammadiyah Ngemplak dan diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang lebih interaktif.
Kata kunci - Gim Edukasi, Daring, Pembelajaran, Metode, Sekolah