Main Article Content

Abstract

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dan kemajuan infrastruktur di Indonesia bisa dikategorikan sangat pesat. Salah satu faktor penunjangnya adalah teknologi informasi. Teknologi informasi dapat membantu pengguna untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi secara cepat dan akurat. Dengan kelebihannya tersebut, teknologi informasi telah memasuki dunia bisnis. Sebagai salah satu contoh dari fenomena tersebut adalah bisnis restoran. Pada restoran XYZ menu masih disajikan secara per item maka lebih baik jika dibuat kombinasi item agar pihak restoran mendapatkan kombinasi menu baru. Tujuan dari penelitian ini adalah agar pihak restoran XYZ dapat mengetahui item menu apa saja yang paling sering dibeli dan selanjutnya dibuatkan kombinasi item menu baru agar bisa meningkatkan minat beli pelanggan. Hasil dari penggunaan algoritma apriori adalah mendapatkan 2 aturan asosiasi yaitu dengan minimum support 30% dan minimum confidence 70% adapun aturannya yaitu jika membeli Beef Burger maka membeli cappuccino dengan nilai confidence 100% dan jika membeli potato wedges maka membeli chicken burger dengan nilai confidence 75%.

Keywords

Teknologi Informasi Algoritma Apriori Pelanggan

Article Details