Main Article Content
Abstract
Masyarakat desa sudah seharusnya mendapatkan pelayanan publik yang terbaik oleh aparatur pemerintah desa sebagai penyedia pelayanan publik desa itu sendiri. Pada pengabdian ini kami berfokus ke Desa-Desa di Kecamatan Ngemplak pada situasi dan kondisi sistem pemerintahannya. Kondisi pelayanan publik yang ada saat ini di Desa Umbulmartani masih belum efektif dan efisien, salah satunya yaitu pada pelayanan pemesanan surat yang prosesnya masih dilakukan secara manual. Teknologi yang dapat digunakan untuk memudahkan Desa Umbulmartani dalam pemesanan surat adalah dengan mengembangkan sistem berbasis website. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian ini yaitu observasi wilayah, identifikasi kebutuhan, penentuan tujuan, dan pelaksanaan pengabdian. Pelaksanaan pengabdian yang dilakukan baru sampai tahap perancangan dikarenakan kondisi wabah Covid-19 yang juga melanda Desa Umbulmartani, setelah kondisi membaik, proses pengabdian akan kembali dilanjutkan. Dengan penggunaan sistem pemesanan surat ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam pemesanan surat dan juga dari pihak pelayanan publik desa dapat memudahkan dalam pengelolaan pemesanan surat.