Main Article Content

Abstract

Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) menjadi sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi atau sebuah perusahaan, apalagi oleh sebuah desa wisata yang sedang ramai-ramainya dibicarakan atau dikunjungi untuk menjalin hubungan dengan konsumen dan mendapatkan timbal balik demi meningkatkan pelayanan. Hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan jika ada sebuah sistem informasi yang didalamnya terdapat data konsumen dari desa wisata. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk membuat sebuah sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) yang dapat memudahkan dalam penyusunan data konsumen, dan  dapat menampilkan rating tingkat kepuasan konsumen dan timbal balik dari konsumen yang dapat membantu pengurus dalam meningkatkan pelayanan. Subjek dari penelitian ini adalah desa wisata Pentingsari yang berada di Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode prototyping, dalam metode ini peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan pengurus Desa Wisata Pentingsari untuk mengetahui kendala dan masalah yang dihadapi, serta mengidentifikasi kebutuhan yang dibutuhkan pengurus dalam sistem informasi penelitian ini. Diharapkan penelitian ini dapat membantu dan mempermudah kinerja pengurus dalam penyusunan data konsumen, dalam mengetahui tingkat kepuasan konsumen, dan pengambilan keputusan untuk meningkatkan pelayanan.

Keywords

Sistem Informasi CRM Desa Wisata Pentingsari Prototyping

Article Details