Main Article Content
Abstract
Abstrak—SPP merupakan sumbangan pembangunan pendidikan yang dibayarkan oleh pelajar di sekolah. Pada tingkat sekolah dasar (SD), masih sangat kurang dan kuantitas tidak ada sekolah yang memanfaatkan bidang teknologi informasi, untuk manajerial atau operasional tugas bendahara dalam mengelola sistem pembayaran SPP dengan efektif dan efisien. Proses dalam mengelola data finansial sekolah, apabila menggunakan tulis tangan maka hasilnya kurang memiliki pengaruh yang besar. Sehingga perlu membuat sistem informasi manajemen data keuangan sekolah, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelajar, dan mempersingkat kinerja dari pegawai di sekolah. Sebagai dukungan pendidikan sekolah bagi anak yang kurang mampu, maka dibuatnya program beasiswa untuk kategori siswa kurang mampu dan berprestasi baik. Sehingga untuk memudahkan pegawai dalam menginformasi beasiswa, maka diperlukan sistem informasi manajemen beasiswa yang dapat digabungkan dengan sistem pembayaran SPP. Design thinking dapat berguna membantu dalam cara berpikir agar mendapatkan ide, kreativitas dan inovasi, yang dilakukan dari pendekatan berpusat pada manusia. Di dalam membangun ide dengan design thinking, terdapat tahapan-tahapan design thinking yang mencakup dari tahap Emphathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Tinjauan literatur ini dibuat untuk mengkaji literatur sebelumnya tentang pendekatan design thinking, yang mampu membantu menyelesaikan permasalahan kompleks di sekolah. Design thinking ialah salah satu pendekatan dalam pembuatan sebuah software yang berfokus kepada calon pengguna.
Keywords
Design thinking
perancangan UI/UX aplikasi
sistem informasi keuangan sekolah
sistem informasi manajemen SPP
sistem informasi beasiswa