Main Article Content

Abstract

Sistem antrean di rumah sakit (RS) merupakan layanan antrean yang dapat membantu pasien dalam melakukan pendaftaran dan mendapatkan nomor antrean pada fasilitas pelayanan kesehatan rumah sakit. Pada umumnya, sistem antrean ini pasien datang ke rumah sakit atau terdapat pula sistem atau aplikasi yang membantu pendaftaran antrean pada saat pasien masih di rumah atau sebelum datang ke RS. Metode di dalam penelitian ini adalah perancangan aplikasi, berguna untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan aplikasi yang akan dikembangkan. Berdasarkan literatur yang telah diulas, mayoritas sistem atau aplikasi antrean memiliki fitur registrasi, login, nomor antrean, jadwal dokter, dan cetak antrean. Fitur yang paling sedikit digunakan pada literatur terkait adalah fitur pemilihan jaminan kesehatan, jumlah pegawai, dan jumlah pengguna. Berdasarkan data tersebut, peneliti mengembangkan sistem antrean dengan fitur – fitur yang dapat membantu RS Puri Husada Yogyakarta. Proses sistem antrean ini, terdiri dari analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem, pengujian, dan maintenance. Dengan dibuatnya rancangan antarmuka atau user interface menunjukkan fitur sesuai dengan kebutuhan RS dan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pada hasil rancangan tersebut, berisikan fitur registrasi, login, perjanjian/appointment (pemilihan poliklinik, pemilihan jaminan kesehatan), fitur dokter yang berisikan jadwal dokter dan daftar poliklinik, daftar antrean, serta notifikasi antrean. Oleh karena itu, diharapkan sistem yang akan dibangun dapat berjalan dengan baik dan menjadi bekal oleh peneliti atau pengembang sistem yang lain.

Keywords

Sistem Antrean Pasien Pendaftaran Rumah Sakit (RS)

Article Details