Main Article Content

Abstract

Terdapat berbagai cara untuk menyampaikan edukasi tentang sejarah. Mulai dari penyampaian tentang materi sejarah melalui pembelajaran di kelas, video edukasi, hingga penulisan artikel di internet. Akan tetapi, cara yang telah disebutkan di atas dirasa kurang efektif sehingga materi sejarah yang disampaikan tidak diserap dengan baik. Game edukasi merupakan media yang cukup diminati pada masa sekarang ini, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi media pembelajaran. Saat ini banyak game edukasi yang membahas tentang pembelajaran sejarah, bermacam sejarah dari berbagai peristiwa yang ada di dunia termasuk di Indonesia disampaikan edukasinya melalui game edukasi sejarah. Perbandingan genre game yang digunakan pada penelitian sebelumnya turut dibahas untuk mengetahui genre apa yang paling tepat untuk membuat game edukasi sejarah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah efektivitas penyampaian tentang materi mengenai pembelajaran sejarah berbagai peristiwa yang ada di Indonesia. Tinjauan literatur ini dibuat untuk mengkaji literatur sebelumnya tentang game edukasi sejarah.

Keywords

Game Edukasi Sejarah

Article Details

References

  1. Ahmad, F., Budiawan, R., & Rosely, E. (2018). Game Edukasi Sejarah Peristiwa 10 November 1945 Di Surabaya Berbasis Android. E- Proceeding of Applied Science, 4(3), 1820–1829.
  2. Arifin, Z., Trilistyorini, & Fiati, R. (2015). Membangun Game Petualangan Sejarah Peninggalan Sunan Kudus Berbasis Android. Prosiding SNATIF Ke-2, 21(1), 59–64.
  3. Arta, A., & Putri, D. A. P. (2020). Game Edukasi Pembelajaran Sejarah Berdirinya Indonesia untuk Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 91–95.
  4. Boham, I. S., Sentinuwo, S., & Sambul, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Pengenalan Sejarah Perang Tondano. Jurnal Teknik Informatika, 11(1).
  5. Chowanda, A., & Prasetio, Y. L. (2012). Perancangan Game Edukasi Bertemakan Sejarah Indonesia. Seminar Nasional SEMANTICS 2012, 1(September), 151–155.
  6. Darmayanti, N. L. C., Purnawan, I. K. A., & Buana, P. W. (2017). Rancang Bangun Game Edukasi Perjalanan Dang Hyang Nirartha di Bali. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 5(2), 23.
  7. Isa, I. G. T., & Asriyanik, A. (2017). Game Edukasi Sejarah Gerakan Kemuhammadiyahan dengan Metode Picture and Picture Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 8(3), 171– 180.
  8. Lempas, F. R., Sugiarso, B. A., Elektro, T., Sam, U., & Manado, R. (2019). Rancang Bangun Game Action 3D Pengenalan Sejarah Perang Tombulu Melawan Spanyol. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 435–446.
  9. Maharani, S., Hatta, H. R., & Selvyani, F. A. (2016). Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace. JURNAL INFOTEL – Informatika Telekomunikasi Elektronika, 8(1), 56.
  10. Muqtadiroh, F. A., & Kuswardayan, I. (2012). Pembelajaran Sejarah Palagan Ambarawa Melalui Game Edukasi Berbasis FPS. Sesindo, December 2011, 1–6.
  11. Nurrahim, D. I., & Sudarmilah, E. (2016). EduGame Sejarah Islam Masuk Indonesia. PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 3(2).
  12. Pradipta, D. A. (2018). Penciptaan Game Edukasi Sejarah Seni Lukis Modern. Jurnal Seni Rupa, 6(01).
  13. Priyana, R., & Handayani, E. T. E. (2019). Perancangan Game “Heroes Surabaya” Sebagai Edukasi Pengetahuan Sejarah Menggunakan Algoritma BFS Berbasis Android. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 4(1), 1–7.
  14. Putri, I. H., & Nurhayati, E. (2020). Pengembangan Game Edukasi2D Platformer “ Petualangan Rama Sinta ” Berbasis Android. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145.
  15. Renavitasari, I. R. D., Irawati, D. A., & Prasetyo, A. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Budaya Indonesia “ Jelajah ” berbasis Android. 1–5.
  16. Septiko, W. A., Akbar, M. A., & Afirianto, T. (2018). Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(12), 5983–5989.
  17. Sintaro, S. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 51–57.
  18. Umbara, D. J., & Hermawan, G. (2013). Game Edukasi untuk Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia. The 14th Seminar on Intelligent Technology And Its Applications, Smart and
  19. Intelligent Technology Application for Distributed Generation Systems, 321–325.
  20. Widiastuti, N. I. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 1(2), 41–48.
  21. Zulfikar, M., Nyoto, R. D., & Pratiwi, H. S. (2017). Rancang Bangun Game Sejarah Asal Usul Kota Pontianak Menggunakan RPG Maker. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 5(2), 85–88.
  22. APJII. (2020). Buletin APJII. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (p. 1).
  23. https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI-74---November-2020, diakses pada 23 Oktober 2021 pukul 20.00.