Main Article Content

Abstract

Produk - produk kerajinan tangan yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya sangat diminati baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Diekspornya produk - produk kerajinan tangan ini ke luar negeri menunjukkan potensi besar yang sangat disayangkan jika tidak dimaksimalkan dengan baik. Banyak perajin produk kerajinan tangan ini yang mengalami kesulitan dalam mengekspor produknya seperti masalah legalitas, kurangnya dokumen dan sertifikat, logistik, dan kesulitan mencari importir dari negara tujuan. Javahands adalah sebuah aplikasi toko online berbasis web yang menjual berbagai produk kerajinan tangan dari perajin D.I.Yogyakarta dan sekitarnya. Javahands diharapkan dapat membantu para perajin dalam menjual produknya untuk pasar luar negeri. Javahands menawarkan berbagai macam produk kerajinan yang dikelompokkan dalam beberapa kategori dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit dan Paypal. Javahands menggunakan aplikasi berbasis web yang diharapkan aplikasi ini dapat diakses oleh pengguna dari berbagai jenis device. Pengembangan Javahands dilakukan menggunakan pendekatan Design Thinking dikarenakan sistem toko kerajinan tangan online ini dibangun berdasarkan pemahaman secara menyeluruh mengenai permasalahan yang dirasakan oleh calon pengguna melalui pengamatan langsung dan wawancara yang kemudian dianalisis untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan calon pengguna sehingga menghasilkan solusi atau produk yang sesuai. Solusi ini kemudian dibuat sebagai prototype yang diujikan kepada calon pengguna. Diharapkan semua fitur pada Javahands dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima serta menjawab sebagian besar kebutuhan dan keinginan dari calon pengguna.

Keywords

kerajinan tangan ekspor website JavaHands design thinking

Article Details

References

  1. R. Mahfunda, “Apa Itu Design Thinking,” Sep. 2019. https://medium.com/design-jam-indonesia/apa-itu-design-thinking-63c8416c9dd0 (accessed on November, 25, 2021)
  2. M. Bagir, "Laporan Tugas Akhir Pembuatan Website E-Commerce di PT. Batik Rahmawati Surakarta", 2011. [Accessed 25 November 2021].
  3. E. Susilo, "Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability", EDI SUSILO, 2019. [Online]. Available: https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/. [Accessed: 27- Nov- 2021].
  4. A. C. Widodo, "Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi", Automata, vol. 2, no. 1, 2021. [Accessed 25 November 2021].
  5. D. Caisar, "Sistem Informasi Manajemen Layanan Antrian Pasien di Rumah Sakit UAD", 2020. [Accessed 25 November 2021].