Main Article Content

Abstract

Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Penyebab terjadinya banjir juga bervariasi mulai dari yang diakibatkan manusia seperti pembuangan sampah sembarangan maupun dari alam yaitu curah hujan yang cukup tinggi. Di Indonesia masih banyak masyarakat yang meremehkan banjir sehingga terjadinya banjir susah untuk diatasi. Untuk mengatasi masalah tersebut maka akan dibuat suatu alat bantu ajar mengenai tindakan apa saja yang seharusnya dilakukan pada saat banjir maupun yang tidak boleh dilakukan. Alat bantu ajar ini akan berupa gim karena gim bisa membuat pembelajaran lebih efektif dengan mempengaruhi emosi pemain baik melalui perasaan senang maupun sedih. Gim akan dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) karena ADDIE merupakan model pengembangan Gim Serius yang melakukan pendekatan untuk meningkatkan Usability, Playability, dan Learnability gim yang akan dikembangkan sehingga gim tersebut akan menjadi gim dengan tingkat edukasi yang baik dan asyik untuk dimainkan. Dengan adanya alat bantu ajar ini, diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk menyadari betapa berbahayanya banjir jika diremehkan.

Article Details