Main Article Content
Abstract
Di era digital ini, pelanggan tidak bisa lagi dipertimbangkan sebagai pasar massal. Sesama pelanggan saling terhubung, berinteraksi, dan mempengaruhi yang dapat menentukan reputasi organisasi. Perangkat modern telah mengubah bagaimana pelanggan mencari, mengevaluasi, membeli dan tetap terhubung dengan merek-merek tertentu. Perusahaan perlu mengenali dinamika jejaring pelanggan dan memiliki strategi yang tepat untuk memanfaatkannya. Perumusan strategi jejaring pelanggan memerlukan evaluasi strategi yang dapat dibantu oleh konsultan. Makalah ini menyajikan pengembangan aplikasi perumusan dan evaluasi strategi jejaring pelanggan yang dapat menjembatani konsultan dan pengguna aplikasi dalam merumuskan dan mengevaluasi sebuah strategi. Aplikasi dikembangkan menggunakan metode waterfall, yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengujian. Pengembangan aplikasi memanfaatkan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), menggunakan framework Laravel, dan Bootstrap sebagai framework CSS (Cascading Style Sheet).