Main Article Content

Abstract

PeduliPanti adalah salah satu aplikasi wadah penyaluran dan pengelolaan donasi untuk panti asuhan di Indonesia. Organisasi sosial bernama Save the Children merilis data bahwa diperkirakan terdapat 15.000 panti asuhan di Indonesia, sehingga Indonesia dapat menduduki panti asuhan terbanyak dengan peringkat pertama di dunia. Panti asuhan di Indonesia masih memiliki banyak kekurangan, seperti afeksi, fasilitas, dan finansial. Aplikasi PeduliPanti hadir untuk memudahkan masyarakat dalam menjembatani semangat berbagi, dengan berdonasi untuk meningkatkan kesejahteraan panti asuhan di Indonesia. Aplikasi PeduliPanti pastinya memikirkan kenyamanan calon pengguna dari desain User Interface (UI) dan User Experience (UX). Tujuan dari artikel ini adalah untuk menguraikan perancangan desain UI/UX aplikasi PeduliPanti menggunakan metode Human-Centered Design (HCD). Tiga tahapan yang digunakan pada metode HCD adalah inspiration, ideation, dan implementation. Pada tahap ideation, penulis juga menggunakan gestalt principles untuk membantu dari sisi desain UX atau pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi PeduliPanti. Terdapat tiga gestalt principles yang digunakan pada artikel ini, yaitu proximity, continuity, dan figure/ground. Kesimpulan yang didapatkan setelah menggunakan metode HCD dalam merancang desain UI/UX aplikasi PeduliPanti memperoleh tanggapan yang baik dari calon pengguna. Feedback dari calon pengguna menilai 84,5% baik, 14,1% menilai cukup, dan 1,4% menilai kurang. Artikel ini memiliki hasil akhir berupa desain prototype aplikasi PeduliPanti yang akan menjadi acuan untuk pengembangan aplikasi PeduliPanti.

Article Details