Main Article Content

Abstract

Abstract—Sampah merupakan sesuatu hal yang saat ini menjadi masalah sosial, di mana volume sampah secara terus menerus meningkat dan diikuti dengan meningkatnya populasi penduduk serta keterbatasan lahan. Keberadaan masalah sampah sering ditemukan sebagian wilayah kota besar seperti daerah Yogyakarta yang termasuk penyumbang sampah terbesar. Dengan banyaknya sampah yang masih dibuang di tempat umum mengindikasi bahwa masyarakat kurang akan kesadarannya terhadap lingkungan yang disebabkan oleh penumpukan sampah di tempat sekitar rumah yang tidak dikelola dengan baik. Seiring perkembangan teknologi yang meningkat membuat banyak perubahan yang besar bagi kehidupan manusia salah satunya penggunaan aplikasi yang memiliki kemampuan jauh lebih smart. Aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang beroperasi secara khusus dalam menyajikan informasi untuk disajikan sesuai kebutuhan user yang meliputi kebutuhan fungsional, perancangan desain aplikasi, database, dan source code. Hal ini tentu sebagai dasar untuk membangun sebuah aplikasi perangkat lunak yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada. Aplikasi perangkat lunak yang akan dibangun adalah Bersih Kotaku yang dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman Java yang di implementasikan pada Android Studio. Prototyping merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang merepresentasikan bentuk prototype sebagai hasil perancangan antarmuka aplikasi yang akan dibuat.


Keywords—aplikasi, bersih kotaku, prototyping, android studio (key words)

Article Details