Main Article Content

Abstract

Proses perkembangan teknologi berpengaruh pada semua lini kehidupan, termasuk pendidikan. Dengan penggunaan internet yang semakin masif, mempermudah proses belajar mengajar di dunia perkuliahan. Pemanfaatan e-learning yang maksimal dapat mengatasi permasalahan-permasalahan dalam proses belajar mengajar, seperti pembagian dan perngerjaan tugas bagi mahasiswa menjadi lebih mudah serta mengatasi durasi belajar pada sesi perkuliahan yang seringkali terbatas.  ON-SR UII dirancang untuk mengatasi permasalahan durasi yang terbatas pada mata kuliah Research Instrument Development and Analysis, sehingga dengan dirancangnya aplikasi ini akan dapat memaksimalkan pemahaman mahasiswa mengenai materi pada mata kuliah tersebut. Hal ini didukung dengan penerapan model pembelajaran self regulated learning yang menekankan agar setiap peserta didik dapat mengenali gaya belajar serta potensi pada dirinya sendiri, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan tujuan yang telah ditetapkan sebelum belajar dapat tercapai. Proses perancangan desain aplikasi ini dilakukan dengan metode user centered design agar dapat menyesuaikan kebutuhan dari calon pengguna secara baik dan dapat memfasilitasi calon pengguna ketika terdapat perubahan dikarenakan metode ini dapat dilakukan secara iteratif. Hasil dari penelitian ini adalah desain aplikasi yang dijadikan acuan dalam pengembangan website sebenarnya pada aplikasi ON-SR UII.

Article Details