Main Article Content

Abstract

Sebuah kuis dibuat untuk dapat menjadi penentu apakah seseorang bisa memenuhi suatu standar. Untuk tujuan akademik kuis digunakan sebagai bahan penilaian hasil belajar pada periode tertentu atau pada akhir suatu materi. Pelaksanaan kuis yang umum dilakukan di kebanyakan universitas masih dilaksanakan secara konvensional dengan menggunakan media kertas. Pelaksanaan kuis tersebut memiliki beberapa kekurangan yaitu membutuhkan media kertas yang banyak, biaya yang tidak sedikit, dan proses pemeriksaan jawaban yang memakan waktu yang lama. Tidak jarang ketika kuis selesai dilaksanakan seringkali para mahasiswa tidak mengetahui nilai yang didapatnya dan tidak bisa menjadi bahan evaluasi bagi masing-masing mahasiswa. Berdasarkan permasalahan di atas akan dilakukan pengembangan sistem manajemen kuis dengan pendekatan Service Oriented Architecture. Service Oriented Architecture atau  SOA adalah arsitektur perangkat lunak yang dibuat berorientasi layanan. SOA memiliki kelebihan yaitu  memiliki sifat loosely coupled, reuse dan interoperability Dengan pengembangan sistem manajemen kuis dengan pendekatan Service Oriented Architecture, dapat membantu para mahasiswa maupun dosen dalam melakukan proses pelaksanaan kuis, manajemen nilai dan menyampaikan konten pembelajaran. Adanya sistem ini proses kuis dapat berjalan lebih efisien dan mengurangi kesalahan dalam perhitungan nilai.

Article Details