Main Article Content

Abstract

Sistem Sekawan memberikan kemudahan dalam kegiatan akademis dan administratif yang dapat menghemat waktu sehingga aktivitas yang sebelumnya offline pada saat melakukan  kepengurusan akademis dan administratif menjadi online. UX adalah aspek yang sangat penting pada sebuah layanan sistem, pengguna menilai UX baik jika sebuah sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna dan sistem tersebut nyaman saat digunakan. Dibuktikan dengan kesulitan dan kendala yang dialami oleh mahasiswa pada ruang lingkup Informatika UII pada saat melakukan akses sistem SEKAWAN yang merupakan sistem akademis dan administratif mahasiswa di tahun keempat. Masalah tersebut tentu berdampak pada kegiatan mahasiswa pada tahun keempat sehingga hal ini perlu segera ditangani. Evaluasi desain UX pada sistem ini berdasarkan pada metode User Experience Questionnaire (UEQ). UEQ memiliki beberapa skenario penggunaan di mana skenario tersebut dapat digunakan untuk menentukan area yang memerlukan peningkatan dan menguji apakah sebuah sistem memiliki UX yang memadai. UEQ juga menyediakan tools untuk menganalisis data dan menafsirkan hasilnya secara tepat dan akurat dengan mudah. Hasil penelitian ini yaitu keberhasilan desain solusi yang diberikan oleh peneliti. Pada pengujian desain evaluasi menurut responden pada seluruh aspek yaitu Daya Tarik (attractiveness), Kejelasan (perspicuity), Efisien (efficiency), Keandalan (dependability), Stimulasi (stimulation) dan Kebaruan (novelty) menghasilkan nilai positif. Rata-rata nilai tertinggi didapatkan oleh indikator atau aspek efficiency (1,80), sedangkan untuk nilai rata-rata terendah didapatkan oleh indikator atau aspek novelty (0.90). Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan desain antarmuka yang dapat diterima baik oleh pengguna dan memberikan kenyamanan pengguna dalam interaksi.

Article Details