Main Article Content
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup berpengaruh bagi perekonomian Indonesia. Oleh karenanya terdapat tendensi untuk mengembangkan destinasi wisata baru sebagai bentuk upaya pemerataan pariwisata yang selama ini terpusat di Bali. Salah satu daerah yang memiliki ketertarikan untuk mengembangkan destinasi wisata adalah kota Pekanbaru. Namun Pekanbaru sendiri belum dikenal sebagai sebuah destinasi wisata dan belum memiliki materi yang matang untuk dipromosikan. Oleh karenanya dikembangkan website Smarttourism sebagai media promosi. Website ini mengimplementasikan Crowdsourcing sebagai metode untuk membangun citra destinasi wisata (Crowdsourcing Identity) dan mengumpulkan materi promosi. Sistem Crowdsourcing ini diimplementasikan berdasarkan 5 kunci Crowdsourcing : The Crowd (Komunitas), The Crowdsourcer (Otoritas Penyelenggara), The Platform (Platform/Media), The Task (Tugas), The Benefit (manfaat) sebagai acuannya.