Main Article Content
Abstract
Generasi muda zaman sekarang atau milenial saat ini menyita perhatian hampir semua kalangan masyarakat. Generasi ini sering menjadi bahan perbincangan dalam berbagai aspek, baik aspek moral, pendidikan, sosial, mental serta ketergantungan mereka terhadap teknologi informasi. Mereka dipandang membawa nilai-nilai negatif karena menyerap budaya dan ideologi asing yang datang dari luar melalui internet yang dianggap tidak baik dalam pandangan norma-norma Islam. Dakwah Islam adalah salah satu cara untuk menjaga generasi milenial dari pengaruh budaya dan ideologi asing yang buruk. Dakwah adalah bagian integral untuk setiap Muslim dalam upaya menyeru kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, meningkatkan nilai-nilai spiritual, mendorong kerangka berfikir, logika dan ideologi yang benar serta membentuk karakter yang kuat dan moral yang mulia. Mahasiswa merupakan salah satu target utama dalam gerakan dakwah online di Indonesia, sebab Mahasiswa memiliki semangat dan energi yang besar, mereka juga idealis, pemikiran semakin logis dan memiliki cita-cita dan ambisi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah menyediakan rancangan solusi media dakwah Islam kepada Keluarga Mahasiswa Universitas Islam Indonesia melalui aplikasi bergerak smartphone untuk dapat berdakwah, menambah wawasan dan berdiskusi terkait isu seputar Islam. Dalam menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik kuesioner yang berjumlah 32 instrumen pertanyaan yang disebar melalui google form kepada Mahasiswa dan Mahasiswi aktif UII untuk mengetahui demografi, wawasan umum aplikasi dakwah, masalah yang dihadapi dan ekspektasi mereka. Metode yang peneliti gunakan adalah design thinking approach dengan lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype dan testing. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Mahasiswa UII memiliki keyakinan, pemikiran dan afiliasi yang beragam, mereka menginginkan media dakwah ini adil untuk semua golongan serta berekspektasi tinggi.