Main Article Content

Abstract

Bahasa Indonesia adalah media utama yang digunakan dalam berkomunikasi di Indonesia. Penggunaan bahasa yang tepat memudahkan komunikasi lisan maupun tulisan. Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan acuan penting pada komunikasi dan penulisan dalam kehidupan sehari-hari. Pada jenjang Sekolah Dasar (SD), terdapat empat keterampilan penting yang diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan menulis, keterampilan berbicara, serta keterampilan menulis. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, ditunjukkan hasil bahwa kesalahan ejaan yang paling umum adalah kesalahan penggunaan huruf kapital dan kesalahan dalam penggunaan kata. Selain itu, minimnya pemahaman mengenai kaidah-kaidah EYD dan KBBI pada siswa SD disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya minat membaca dan metode belajar yang tidak efektif. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dalam penulisan kata sesuai EYD dan KBBI bagi siswa SD. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, termasuk gim, dapat membantu siswa SD memahami penulisan kata sesuai EYD dan KBBI. Dalam perancangan desain gim pembelajaran penulisan Bahasa Indonesia sesuai dengan EYD dan KBBI untuk siswa SD, maka kebutuhan pengguna merupakan salah satu faktor penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang tampilan antarmuka gim edukasi “CerdasEYD” menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang sesuai dengan kebutuhan pengguna agar gim dapat digunakan dengan nyaman dan membantu siswa SD dalam pembelajaran.

Article Details