Main Article Content
Abstract
Matematika merupakan ilmu yang dipelajari sejak usia dini, dimulai dari mempelajari konsep dasar seperti penambahan dan pengurangan, hingga materi yang lebih kompleks seperti aljabar dan geometri. Pembelajaran matematika yang kurang menarik akan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Media pembelajaran yang efektif sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan game edukasi. Game edukasi dengan genre petualangan dapat menjadi pembelajaran yang efektif karana membantu siswa untuk memahami konsep matematika yang rumit dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Saat ini sudah banyak dikembangkan game edukasi petualangan sebagai media pembelajaran. Tujuan dibuatnya penelitian tinjauan literatur ini untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan game edukasi petualangan, reward yang banyak digunakan untuk membuat game edukasi petualangan, dan platform apa yang digunakan untuk menjalankan game petualangan sebagai media pembelajaran matematika.