Main Article Content

Abstract

Media digital juga membantu dalam praktik pembelajaran yang penting. Anak-anak pada tingkat SMP sedang dalam masa perkembangan untuk membangun identitas mereka. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat membantu proses belajar mereka. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi dalam lingkungan belajar yang fokus pada proses sosial dan interaksi sosial dapat meningkatkan hasil belajar dan kegiatan siswa. Penelitian tentang game edukasi juga berusaha memahami bagaimana game dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa dalam berbagai topik, seperti matematika, sains, dan Bahasa. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP, masih ada beberapa siswa yang kurang tertarik karena menganggap Bahasa Indonesia hanya sebagai bahasa sehari-hari yang sudah mereka kuasai. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan baru yang dapat menumbuhkan minat siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, terutama di usia dini, agar mereka terbiasa menggunakan bahasa tersebut. pengembangan gim ini akan dibuat dengan menggunakan software engine Unity serta rapid game prototyping sebagai model pengembangan. Model rapid game prototyping  terdiri dari analisis data, perancangan, pengujian. Penelitian ini menunjukkan bahwa gim bisa digunakan sebagai media hiburan dan juga media pembelajaran yang interaktif.

Article Details