Main Article Content
Abstract
Saat ini, kemajuan teknologi telah mencapai tahap yang sangat pesat. Teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting dalam memajukan komunikasi dan meningkatkan pengetahuan di era saat ini. Terutama bagi institusi, termasuk pemerintah. Pemerintah telah mendorong penggunaan teknologi dalam setiap otonomi daerah. Salah satu lembaga pemerintahan yang berperan penting dalam melayani masyarakat desa adalah Pemerintahan Desa. Selain bertanggung jawab terhadap pelayanan publik, Pemerintahan Desa juga mengurus administrasi dan manajemen perangkat desa. Makalah ini menyajikan tinjauan literatur tentang sistem informasi untuk manajemen kepegawaian. Literatur yang dikumpulkan kemudian dipilih berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Terdapat 15 jurnal yang sesuai dengan kriteria tersebut. Kemudian, 15 jurnal tersebut dianalisis berdasarkan permasalahan yang diangkat, tujuan penelitian, solusi yang diberikan, dan metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi. Hasil dari tinjauan literatur ini menunjukkan bahwa masalah yang umumnya dihadapi adalah pengelolaan administrasi pegawai secara manual, dengan tujuan utama untuk mempermudah pendataan kepegawaian dan mendukung pengambilan keputusan dalam manajemen kepegawaian. Solusi yang diberikan adalah pengembangan sistem informasi berbasis website atau aplikasi, yang melibatkan fitur-fitur seperti pendataan pegawai, penilaian kinerja, pengajuan pangkat dan cuti, serta laporan pegawai. Penelitian ini memberikan panduan dan wawasan bagi penelitian masa depan dalam pengembangan sistem informasi untuk manajemen kepegawaian di kantor desa.