Buletin Perpustakaan
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan
<p style="text-align: justify;"><strong>Bulletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (BPUII)</strong> merupakan sarana komunikasi dan deseminasi informasi bagi pustakawan Universitas Islam Indonesia (UII) dan pustakawan dari luar UII.</p> <p>BPUII memuat artikel-artikel yang ditulis dari hasil praktik baik (<em>b</em><em>est practice</em>), penelitian dan laporan kajian dalam bidang perpustakaan, informasi dan dokumentasi (PUSDOKINFO) yang <em>up to date</em>. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia diterbitkan dua kali setahun (<strong>Mei dan November</strong>) oleh editor jurnal dari Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.</p> <p>BPUII fokus pada kajian bidang perpustakaan, informasi dan dokumentasi (PUSDOKINFO). Cakupan mencakup baik artikel review maupun artikel penelitian di bidang tersebut. Hal-hal yang dibahas dalam Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia ini meliputi:</p> <ul> <li>Aspek teoritis dan umum bidang perpustakaan, informasi dan dokumentasi (PUSDOKINFO)</li> <li>Manajemen perpustakaan</li> <li>Layanan Informasi</li> <li>Literasi Informasi dan Media</li> <li>Manajemen Pengetahuan</li> <li>Organisasi Informasi</li> <li>Perpustakaan dan Repositori Digital</li> <li>TIK di Perpustakaan</li> <li>Pencarian Informasi</li> <li>Perilaku Informasi</li> <li>bidang studi terkait perpustakaan, informasi dan dokumentasi (PUSDOKINFO) lainnya.</li> </ul>en-US[email protected] (Muhammad Jamil)[email protected] (Neneng Asaniyah)Thu, 07 Nov 2024 05:07:16 +0000OJS 3.3.0.10http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Perpustakaan sebagai Tempat Inspirasi dalam Mendorong Minat Belajar
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/36573
<p>Perpustakaan memiliki peran sentral dalam mendorong minat belajar dan pembelajaran efektif dalam konteks pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perpustakaan, sebagai tempat inspirasi, dapat menjadi katalisator penting dalam membentuk minat belajar siswa. Dengan menyediakan akses yang mudah ke berbagai sumber pengetahuan, perpustakaan menciptakan lingkungan yang merangsang kreativitas dan pemikiran kritis. Melalui koleksi buku yang beragam, teknologi pendukung pembelajaran, dan program-program inovatif, perpustakaan tidak hanya menjadi tempat penyimpanan informasi, tetapi juga menjadi pusat aktivitas belajar yang dinamis. Metode yang digunakan ialah studi pustaka yang mengeksplorasi dampak positif perpustakaan terhadap perkembangan minat belajar siswa, membahas peran perpustakaan dalam memperluas wawasan mereka dan meningkatkan kemampuan literasi. Dengan menghadirkan suasana yang mendukung penjelajahan intelektual, perpustakaan bukan hanya sebagai gudang buku, tetapi juga sebagai tempat di mana ide-ide baru dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu, penulisan ini merinci upaya perpustakaan dalam mengadopsi teknologi terkini, guna mendukung pembelajaran online dan memberikan akses global ke pengetahuan. Dengan merangkul peran penting perpustakaan dalam pendidikan, penulisan ini menggarisbawahi perlunya terus mengembangkan dan memperkuat perpustakaan sebagai agen perubahan positif dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, memahami dan meningkatkan potensi perpustakaan sebagai tempat inspirasi dapat membuka pintu menuju masyarakat yang lebih cerdas, kreatif, dan berpengetahuan.</p>Winarno Budi Setyawan
Copyright (c) 2024 Buletin Perpustakaan
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/36573Thu, 07 Nov 2024 00:00:00 +0000Optimalisasi Layanan Kelas Literasi Informasi di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/36578
<p>Penelitian ini membahas upaya pengoptimalisasian layanan dalam kelas literasi informasi di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Optimalisasi merupakan upaya untuk meningkatkan kegiatan atau pekerjaan dengan tujuan memperkecil kerugian atau memperbesar keuntungan demi tercapainya tujuan dalam batas tertentu. Pelaksanaan layanan kelas literasi informasi ini pesertanya masih belum sesuai dengan yang diharapkan, untuk itu optimalisasi pelaksanaan layanan kelas literasi ini dianggap perlu untuk dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sementara dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan studi literatur. Hasil dalam penelitian ini menunjukan proses pengoptimalisasian dalam pelaksanaan kelas literasi informasi di perpustakaan dilakukan dengan cara melakukan promosi dengan skala yang lebih luas yaitu melalui Instagram perpustakaan dan mempromosikan langsung ke setiap fakultas. Tujuan dari promosi kelas literasi informasi ini adalah untuk agar informasi mengenai hal tersebut tersebar ke seluruh sivitas akademika Universitas Islam Indonesia dan dapat meningkatkan peserta kelas literasi informasi tersebut.</p>Ali Akbar Baihaqy
Copyright (c) 2024 Buletin Perpustakaan
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/36578Wed, 20 Nov 2024 00:00:00 +0000Perpustakaan UII sebagai Pusat Aktivitas Sivitas Akademika (Konsep Pengembangan)
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/34255
<p>Makalah ini mengajukan konsep pengembangan Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai pusat aktivitas sivitas akademika. Perpustakaan perguruan tinggi tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan akses informasi, tetapi juga berperan sebagai pusat kolaborasi, inovasi, dan pengembangan akademik. Untuk mewujudkan perpustakaan sebagai pusat aktivitas, dibahas lima aspek utama, yaitu tata kelola ruang/rancang bangun gedung, tata kelola koleksi, tata kelola fasilitas dan lingkungan, tata kelola sumber daya manusia, serta tata kelola sistem. Transformasi ini mencakup integrasi teknologi informasi, digitalisasi koleksi, penambahan fasilitas modern, pengembangan kemampuan multi-tasking pustakawan, dan penerapan sistem informasi yang integratif. Konsep ini bertujuan menciptakan lingkungan perpustakaan yang mendukung pembelajaran, penelitian, dan pengembangan akademik secara optimal, serta berperan sebagai katalisator dalam menciptakan ekosistem akademik yang inovatif dan inklusif, sejalan dengan visi UII menjadi universitas riset pada tahun 2035.</p>Widodo
Copyright (c) 2024 Buletin Perpustakaan
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/34255Thu, 07 Nov 2024 00:00:00 +0000Bioskop 6 Dimensi (6D) di Perpustakaan: Strategi Menarik Minat Kunjung Anak di Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/36878
<p>Pesatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadikan tantangan yang cukup besar khususnya bagi perpustakaan. Perpustakaan perlu memastikan bahwa layanan yang tersedia tidak kalah menarik di tengah anak-anak “<em>nomophobia</em>” yang kini sudah terpapar oleh gadget. Perpustakaan harus mampu bersaing secara kreatif dan inovatif untuk mempertahankan peran dan fungsinya. Maka salah satu upaya yang dilakukan Perpustakaan Grhatama Pustaka adalah menyediakan sebuah layanan yang menarik yakni layanan bioskop 6D. Layanan ini adalah representasi nyata dari fungsi rekreasi sebuah perpustakaan. Penelitian bertujuan untuk mengungkap bagaimana peranan layanan bioskop 6D Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta terhadap kunjungan anak-anak dan apa saja kendala dalam implementasi layanan bioskop 6D Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta? Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Sementara dalam proses teknik analisis data, penelititian ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil menunjukkan bahwa layanan bioskop 6D memiliki peranan terhadap kunjungan anak-anak yakni sebagai strategi promosi perpustakaan, mempertahankan fungsi rekreasi dan mengubah paradigma masyarakat, serta membentuk kebiasaan membaca anak sejak dini. Adapun kendala yang dialami dalam impementasi layanan 6D ini adalah kapasitas kursi penonton dan tenaga yang terbatas. Hal ini penjaga layanan merasa kesulitan ketika menghadapi pengunjung yang padat juga berbarengan dengan sebuah kunjungan dari suatu instansi.</p>Slamet Khoeron
Copyright (c) 2024 Buletin Perpustakaan
https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/36878Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0000