Buletin Perpustakaan Volume 6 Nomor 2, November 2023 kali ini menyajikan sebanyak total sebanyak 8 (delapan) artikel dengan topik yang sangat menarik. Kedelapan artikel tersebut berasal dari berbagai kalangan pustakawan, mulai dari pustakawan sekolah, pustakawan perguruan tinggi, hingga pengelola perpustakaan pesantren. Buletin Perpustakaan Edisi November 2023 kali ini memuat judul: (1) Bukan Hakim tapi Dokter: Implementasi Turnitin dalam Layanan Bebas Plagiasi di Perpustakaan Universitas Islam Indonesia(2) Perpustakaan Berbasis Homey Library Mewujudkan Psychological Well-Being(3) Representasi Vandalisme Pada Film Animasi Upin-Ipin “Aku Sebuah Buku” (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce), (4) Kualitas Desain Interior Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) Ditinjau dari Persepsi Pemustaka(5) Catur Program Literasi (CPL) sebagai Pilar Gerakan Literasi Sekolah: Best Practice di SMK Negeri 1 Samigaluh(6) Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (7) Pengaruh Peran Perpustakaan terhadap Tingkat Kemampuan Literasi Digital Santri di MA Unggulan Al-Imdad Bantul, dan (8) Pelayanan Prima Perpustakaan dalam Kegiatan Literasi (P3KL) melalui Literasi Digital Berbasis Quick Response Code di SMP Tunas Agro Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah.

Semoga Buletin Perpustakaan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian dan bisa membantu perkembangan ilmu perpustakaan dan informasi di Indonesia.

Published: November 1, 2023

Bukan Hakim tapi Dokter: Implementasi Turnitin dalam Layanan Bebas Plagiasi di Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Ahmad Sofyan Hadi (1)
(1) Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia
139-152

Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Zaky Decky Rifai (1), Slamet Khoeron (2)
(1) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia ,
(2) Pondok Pesantren Sunni Darussalam, Sleman, Indonesia
239-261

Kualitas Desain Interior Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) Ditinjau dari Persepsi Pemustaka

Slamet Khoeron (1)
(1) Pondok Pesantren Sunni Darussalam, Sleman, Indonesia
189-219

Perpustakaan Berbasis Homey Library Mewujudkan Psychological Well-Being

Nurul Swandari (1)
(1) MTs Negeri 3 Jombang, Jombang, Indonesia
153-170

Catur Program Literasi (CPL) sebagai Pilar Gerakan Literasi Sekolah: Best Practice di SMK Negeri 1 Samigaluh

Nindy Suryaningtyas (1), Teguh Prasetyo Utomo (2)
(1) SMK Negeri 1 Samigaluh, Kulon Progo, Indonesia ,
(2) Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia
221-238

Representasi Vandalisme Pada Film Animasi Upin-Ipin “Aku Sebuah Buku” (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Mishbahul Khairiyah (1), Abdul Karim (2), Syahrul Abidin (3)
(1) UIN Sumatera Utara, Medan, Indonesia ,
(2) UIN Sumatera Utara, Medan, Indonesia ,
(3) UIN Sumatera Utara, Medan, Indonesia
171-187

Pengaruh Peran Perpustakaan terhadap Tingkat Kemampuan Literasi Digital Santri di MA Unggulan Al-Imdad Bantul

Septa Anggara (1), Slamet Khoeron (2)
(1) MA Unggulan Al-Imdad, Bantul, Indonesia ,
(2) Pondok Pesantren Sunni Darussalam, Sleman, Indonesia
263-295

Pelayanan Prima Perpustakaan dalam Kegiatan Literasi (P3KL) melalui Literasi Digital Berbasis Quick Response Code di SMP Tunas Agro Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah

Nopiar Rahman (1)
(1) Agro Harapan Foundation
297-313