Main Article Content

Abstract

Media penyampaian informasi running text merupakan suatu inovasi yang menarik dalam perkembangan teknologi informasi saat ini. Informasi yang disampaikan pada umumnya diterima melalui berita dengan tulisan yang ditulis pada media cetak, internet dan lain-lain yang terkadang ada kejenuhan dalam membaca. Hal ini dapat menyebabkan informasi yang diterima oleh pengguna tidak akurat karena adanya keraguan saat informasi diterima dan mengurangi ketertarikan untuk membaca informasi. Running text yang beredar saat ini dengan kontrol komputer kadang terkendala pada ketersediaan PC saat mengontrol dan device sinkronisasinya yang harus ada untuk bisa mensetting running text sesuai input yang dimasukkan oleh user. Kecepatan transfer informasi sangat berpengaruh terhadap output, melalui teknologi android saat ini yang sudah canggih dimanfaatkan untuk control running text yang up to date, relatif lebih aman dan ramah lingkungan pada pemakaian dengan control led tipe TF-S6UW yang memiliki kemudahan dalam acces data pada android, kecepatan dan karakteristik text. Berdasarkan hasil penelitian, dengan output karakter i yang ditampilkan pada papan running text mulai 1 sampai dengan 25 karakter diperoleh besar nilai tegangan yang stabil pada 12 Vdc, dan nilai arus yang semakin bertambah sesuai dengan banyaknya dot led yang menyala mulai dari 1 Adc sampai dengan 2,1 Adc.

Article Details

Author Biography

Zaenal Arifin, Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
How to Cite
Arifin, Z., & Safrizal, S. (2019). Koordinasi Running Text Display Led Berbasis Android. EKSAKTA: Journal of Sciences and Data Analysis, 200–207. https://doi.org/10.20885/eksakta.vol19.iss2.art10

References

  1. Bangun Sulistyo, A. (2014). Rancang Kendali Papan Display Led Matrix Berbasis Arduino Menggunakan Android. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
  2. Hannum, Z. (2015). Perancangan Rangkaian Gempa Ditampilkan Pada Running Text. Tugas Akhir.Fakultas Teknik Universitas Andalas. Padang.
  3. Hendrawan, R. (2014). Perancangan Program Running Text Dot Matrix Pada Miniatur Smart Pole Pt.Inti. Jurnal. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Semarang.
  4. Hwang, Z.; Uhm, Y.; Kim, Y.; Kim, G.; Park, S. Development of LED smart switch with light-weight middleware for location-aware services in a smart home. IEEE Trans. Consum. Electron. 2010, 56, 1395–1402.
  5. Ignatov, Andrey. (2018). Running Deep Neural Networks on Android Smartphones
  6. Kadir, A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemogramannya Menggunakan Arduino. Yogyakarta: Andi.
  7. Park, Y.J.; Lee, M.H. Cost-Effective Smart Remote Controller Based on Invisible IR-LED Using Image Processing. In Proceedings of the 2013 IEEE International Conference on Consumer Electronics (ICCE), Las Vegas, NV, USA, 11–14 January 2013; pp. 434–435.
  8. Tan, Y.K.; Huynh, T.P.; Wang, Z.Z. Smart personal sensor network control for energy saving in the DC grid powered LED lighting system. IEEE Trans. Smart Grid 2013, 4, 669–676.
  9. Tsai, Wen. (2013). Design and Implementation of a Smart LED Lighting System Using a Self Adaptive Weighted Data Fusion Algorithm. Sensors ISSN 1424-8220.