Vol 26, No 3

SEPTEMBER 2019

Jurnal Ius Quia Iustum akhirnya sampai pada edisi terakhirnya untuk periode 2019, yaitu edisi Nomor 3, Volume 26, September 2019. Pada penerbitan kali ini, ada artikel dari Ibnu Sina yang menyoroti gemuknya jumlah regulasi di Indonesia sehingga kebutuhan untuk merampingkan regulasi-regulasi itu menjadi muncul. Aspek-aspek dalam rangka penataan dan perampingan regulasi diuraikan, di antaranya dengan simplifikasi regulasi, rekonseptualisasi pemahaman mengenai kebutuhan regulasi, dan penciptaan sinergi antar pembentuk regulasi.

Artikel selanjutnya adalah tulisan M. Aziz Zaelani yang memberi analisis terkait pertentangan dalam pengaturan diskresi yang tidak relevan dengan prinsip-prinsip negara hukum. Dalam artikelnya, konstruksi baru tentang Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB) yang disaring dengan nilai-nilai Pancasila dijabarkan sebagai dasar pengaturan atas diskresi. Selain itu, ada juga artikel dari Tohadi yang menyajikan analisis perubahan pengertian Keputusan Tata Usaha Negara menurut Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan dan implikasi dari perubahan tersebut.

Tidak ketinggalan, Sutrisno, Nur Kumala, dan penulis-penulis lainnya juga turut memberikan elaborasi-elaborasi konstruktif atas konsep-konsep dan teori-teori, peraturan-peraturan, dan basis-basis argumentasi lain terhadap realitas hukum yang tidak jarang berada jauh dari aras idealitasnya. Beberapa di antaranya, Inda Rahadian, misalnya, menyoroti langkah pemerintah Indonesia melalui penerbitan undang-undang tertentu sebagai upaya pengimplementasian prinsip resiprositas dalam kerangka ASEAN Banking Integration Framework. Ada juga artikel dari Tutut F., dkk., yang membahas politik hukum pertanian di Indonesia dalam rentang waktu sejak era Orde Lama hingga Reformasi, dan diakhiri sebuah gagasan untuk menghadapi tantangan global dengan membangun politik hukum bidang pertanian yang berbasis demokrasi ekonomi yang digagas Bung Hatta.

Ada artikel-artikel menarik lainnya yang dapat dibaca pada edisi Nomor 3, Volume 26, September 2019 ini. Harapannya, artikel-artikel yang disajikan tidak hanya berguna untuk memperkaya wawasan keilmuan pembaca, tetapi juga menjadi inspirasi untuk ditindaklanjuti sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang. Tidak lupa, kami berterima kasih kepada Mitra Bestari yang telah dengan cermat menelaah dan memberi catatan-catatan secara detail untuk artikel-artikel yang akan diterbitkan, dan apresiasi kami yang setinggi-tingginya bagi setiap penulis. Semoga, karya-karya yang ada pada penerbitan ini senantiasa menjadi peneguh iman, ilmu, dan amal semua pihak.

Selamat Membaca.

Table of Contents

Articles

 
Ibnu Sina Chandranegara(1),
(1) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta
PDF
435-457
 
Muhammad Aziz Zaelani(1), I Gusti Ketut Ayu Rachmi Handayani(2), Isharyanto Isharyanto(3),
(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret Surakarta
PDF
458-480
 
Nur Kumalaningdyah(1),
(1) Fakultas Hukum Universitas Islam Indoensia
PDF
481-499
 
Tohadi Tohadi(1), Frieda Fania(2), Dadang Gandhi(3),
(1) Fakultas Hukum Universitas Pamulang
(2) Fakultas Hukum Universitas Pamulang
(3) Fakultas Hukum Universitas Pamulang
PDF
500-521
 
Sutrisno Sutrisno(1),
(1) Fakultas Syariah IAIN Surakarta
PDF
522-544
 
Inda Rahadiyan(1),
(1) Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia
PDF
545-564
 
Ainun Najib(1),
(1) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Universitas Ibrahimy Situbondo
PDF
565-584
 
Tity Wahju Setiawati(1), Mardjo Mardjo(2), Tutut Ferdiana Mahita Paksi(3),
(1) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro
(2) Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro
(3) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro
PDF
585-608
 
Riky Rustam(1), Rizky Miraningsih(2),
(1) Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia
(2) Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia
PDF
609-626
 
Hezron Sabar Rotua Tinambunan(1), Bagas Waskito(2), Muhammad Bayu Rizhaldi(3), Athia Fadzri K.R. Uno(4),
(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
(3) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
(4) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
PDF
627-649