Penyelenggaraan manajemen keuangan di lingkungan perguruan tinggi

Johan Arifin

Abstract

Dalam mengelola suatu universitas/perguruan tinggi diperlukan sebuah sistem informasi keuangan yang dapat diandalkan. Sistem informasi tersebut disusun untuk mengumpulkan semua data keuangan oleh manajemen untuk bahan pengambilan keputusan. Apabila kita amati secara seksama ternyata penyelenggaraan/praktik manajemen keuangan pada suatu universitas/perguruan tinggi mempunyai persamaan dengan manajemen keuangan di lingkungan pemerintahan dan di lingkungan organisasi nirlaba (organisasi yang tujuan utamanaya tidak untuk mendapatkan laba).

Banyak pilihan yang sangat luas terhadap alat-alat dan teknik-teknik manajemen keuangan yang tersedia untuk universitas/perguruan tinggi, dimana tidak hanya sistem atau model-model yang dikembangkan khusus untuk universitas/perguruan tinggi, akan tetapi juga praktik-praktik yang dilakukan oleh organisasi nirlaba. Universitas/perguruan tinggi seyogyanya tidak menganggap bahwa praktik-praktik yang exist itu sebagai pembatas (constraint), tetapi sebagai model yang dapat diikuti dan dikembangkan tergantung dari kondisi yang berlaku di masing-masing universitas/perguruan tinggi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia is currently indexed by:

         

JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)

ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia
Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.