Akuntansi zakat dan pengelolaannya di perusahaan

Neni Meidawati

Abstract

Untuk dapat mengelola organisasi Zakat Infak Sadaqah (ZIS) dengan baik diperlukan sistem informasi yang baik, salah satunya adalah akuntansi zakat. Oleh karena itu perlu dikembangkan sistem akuntansi yang khusus untuk pengelolaan keuangan di lembaga Badan Amil Zakat Infak Sadaqah (BAZIS), yang sampai saat ini belum banyak buku yang membahas pedoman atau standar penyusunan dan penyajian laporan keuangan lembaga tersebut, padahal telah banyak tumbuh dan berkembang lembaga-lembaga BAZIS di Indonesia.

Dengan adanya lembaga-lembaga terebut, maka diperlukan akuntansi zakat yang khusus diterapkan untuk organisasi-organisasi ZIS yaitu bagaimana mengelola dana zakat, agar tujuan semula dikumpulkannya zakat dapat tercapai dan mencapai sasarannya, dan bagaimana cara penyusunan dan penyajian laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban pengelola kepada para pemberi zakat. Diperlukan akuntansi zakat karena kespesifikan organisasi pengelola dana Zis dan informasi akuntansinya.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)
ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.