Analisis ketepatan prediksi metode altman terhadap terjadinya likuidasi pada lembaga perbankan [ kasus likuidasi perbankan di Indonesia ]

Muhammad Akhyar Adnan, Muhammad Imam Taufiq

Abstract

Penelitian ini mencoba mengangkat kasus likuidasi perbankan yang terjadi di Indonesia untuk dianalisis dengan menggunakan metode Altman. Metode Altman ini merupakan sebuah metode yang digunakan dalam memprediksi terjadinya kebangkrutan pada sebuah perusahaan yang terdiri dari beberapa rasio keuangan yaitu, Working Capital to Total Assets, retained earning to Total Assets, earning before interest and tax to Total Assets, market value equity to bookvalue of debt dan rasio sales to Total Assets. Sehubungan dengan hal tersebut, maka fenomena baru yang ingin dibuktikan dalam penelitian ini adalah apakah metode Altman tersebut dapat diimplementasikan dalam memprediksi kemungkinan terjadinya likuidasi pada sebuah lembaga perbankan dan dapatkah rata-rata rasio keuangan sebelum terjadi likuidasi digunakan untuk memprediksi kemungkinan terjadinya likuidasi pada bank-bank tersebut.

Dari hasil analisis data terhadap dua kelompok sampel penelitian, yaitu 25 sampel bank terlikuidasi dan 25 sampel bank yang tidak terlikuidasi terlihat bahwa nilai Z-score dari kedua kelompok sampel bank tersebut menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Nilai Z-score bank-bank terlikuidasi sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan nilai Z-score dari bank-bank yang tidak terlikuidasi. Rasio-rasio keuangan yang terdapat dalam metode Altman menunjukkan bahwa rasio-rasio keuangan kelompok bank-bank yang terlikuidasi jauh lebih kecil dari pada rasio-rasio keuangan kelompok bank-bank yang tidak terlikuidasi. Dari hasil ini kemudian dapat disimpulkan bahwa metode Altman juga dapat diterapkan dalam memprediksi kemungkinan terjadinya likuidasi pada lembaga perbankan.

Penelitian ini tidak hanya memperkuat teori yang ditemukan oleh Altman, tetapi sekaligus memberikan perluasan konsep dalam hal ruang lingkup penggunaan dari teori Altman tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa antara satu kelompok industri dengan kelompok industri yang lainnya mempunyai karakteristik yang berbeda, sehingga sebuah metode analisis belum tentu dapat diterapkan pada semua kelompok industri tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini telah membuktikan bahwa Metode Altman juga dapat diimplementasikan pada industri perbankan untuk memprediksi terjadinya likuidasi pada bank tersebut

Keywords

likuidasi, perbankan, metode altman, prediksi kebangkrutan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)
ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.