Faktor-Faktor dalam Diri Auditor dan Kualitas Audit: Studi Pada Kap ‘Big Four’ di Indonesia

Icuk Rangga Bawono, Elisha Muliani Singgih

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan dari dua penelitian sebelumnya (Aji, 2009 dan Rahman, 2009), mengenai bagaimana independensi, pengalaman, due professional care dan akuntabilitas mempengaruhi kualitas audit.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei dengan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah semua auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) “Big Four†Indonesia. Penelitian ini menggunakan random sampling sederhana yang dilakukan dengan penentuan jumlah sampel yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin formula sehingga hanya 125 kuesioner yang dapat diproses. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi, pengalaman, due professional care dan akuntabilitas mempengaruhi kualitas audit secara berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa independensi, due professional care dan akuntabilitas secara parsial mempengaruhi kualitas audit akan tetapi pengalaman tidak berpengaruh pada kualitas audit. Penelitian ini juga membuktikan bahwa independensi merupakan faktor dominan yang berpengaruh pada kualitas audit. Untuk penelitian di masa yang akan datang, penelitian ini menyarankan pengembangan cakupan wilayah survei dan penambahan lebih banyak variabel yang dapat mempengaruhi kualitas audit.

Kata kunci: independensi, pengalaman, due professional care, akuntabilitas, kualitas audit

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia is currently indexed by:

         

JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)

ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia
Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.