Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel karakteristik perusahaan yang diduga mempunyai pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terdiri dari 7 variabel, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, profile perusahaan, ukuran dewan komisaris, leverage, kepemilikan manajemen dan efisiensi operasi. Hasil pengujian terhadap 39 sampel yang dipilih secara purposip sampling dengan periode pengamatan tahun 2008 dan 2009 menemukan bahwa variabel ukuran perusahaan, profile perusahaan dan ukuran dewan komisaris mempunyai pengaruh positip signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan variabel leverage mempunyai pengaruh negatip signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil ini mengindikasikan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan cenderung lebih besar pada perusahaan yang mempunyai karakterisik: ukuran perusahaan besar, perusahaan termasuk dalam high profile dan mempunyai ukuran dewan komisaris yang besar. Sebaliknya pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan cenderung lebih rendah pada perusahaan yang mempunyai leverage tinggi. Adapun pengujian terhadap ketiga variabel independen lainnya, yaitu profitabilitas, kepemilikan manajemen dan efisiensi operasi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, karakteristik perusahaan, good corporate governance.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).