PENGARUH RELIGIOSITAS, RELATIVISME DAN IDEALISME TERHADAP PENALARAN MORAL DAN PERILAKU MANAJEMEN LABA

Ietje Nazaruddin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh tingkat religiositas dan filosofi moral personal terhadap penalaran moral. Penelitian ini juga menguji pengaruh filosofi moral personal dan penalaran moral terhadap penilaian etis individu atas perilaku manajemen laba. Teori perkembangan moral kognitif digunakan untuk menjelaskan perilaku manajemen laba. Responden penelitian adalah mahasiswa eksekutif program pascasarjana (manajemen dan akuntansi) dan program profesi akuntansi yang telah dan atau sedang menjabat. Pengumpulan data dengan menggunakan metode survei berhasil memperoleh data sebanyak 278 dari 1500 kuesioner yang disebarkan, dan yang digunakan dalam analisis data sebanyak 261. Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan, sebelum menguji hubungan antar variabel dengan menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat religiositas mempengaruhi idealisme dan penalaran moral. Penalaran moral, idealisme dan relativisme berpengaruh pada penilaian etis individu atas perilaku manajemen laba. Namun demikian, tidak ditemukan bukti adanya pengaruh religiositas terhadap relativisme individu.

Kata kunci: religiositas, penalaran moral, filosofi moral personal, relativisme, idealisme, manajemen laba, etika, perkembangan moral kognitif, model persamaan struktural

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia is currently indexed by:

     
    
     

JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)

ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia
Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.