Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh tingkat religiositas dan filosofi moral personal terhadap penalaran moral. Penelitian ini juga menguji pengaruh filosofi moral personal dan penalaran moral terhadap penilaian etis individu atas perilaku manajemen laba. Teori perkembangan moral kognitif digunakan untuk menjelaskan perilaku manajemen laba. Responden penelitian adalah mahasiswa eksekutif program pascasarjana (manajemen dan akuntansi) dan program profesi akuntansi yang telah dan atau sedang menjabat. Pengumpulan data dengan menggunakan metode survei berhasil memperoleh data sebanyak 278 dari 1500 kuesioner yang disebarkan, dan yang digunakan dalam analisis data sebanyak 261. Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan, sebelum menguji hubungan antar variabel dengan menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat religiositas mempengaruhi idealisme dan penalaran moral. Penalaran moral, idealisme dan relativisme berpengaruh pada penilaian etis individu atas perilaku manajemen laba. Namun demikian, tidak ditemukan bukti adanya pengaruh religiositas terhadap relativisme individu.
Kata kunci: religiositas, penalaran moral, filosofi moral personal, relativisme, idealisme, manajemen laba, etika, perkembangan moral kognitif, model persamaan struktural
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).