Analisis hubungan kualitas situs web dan kualitas informasi akuntansi persepsian

Juliwati Limbong, Didi Achjari

Abstract

Manager Investasi (MI) sebagai pengelola reksadana bertanggung jawab memilih portofolio investasi misal saham dan obligasi yang tersedia di pasar modal. Dalam pembentukan komposisi portofolio investasi, MI bergantung pada ketersediaan informasi emiten yang bisa diperoleh melalui situs web. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas situs web emiten terhadap kualitas informasi akuntansi persepsian, dan meneliti adanya variabel pemoderasi hubungan kedua variabel tersebut. Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas informasi akuntansi persepsian terhadap kepercayaan (trust) akan kualitas informasi akuntansi. Kuesioner disebar ke perusahaan managemen aset secara purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 87 perusahaan managemen aset yang terdaftar di Bursa Efek. Hasilnya adalah 33 perusahaan memberikan respon yang bisa dianalisis. Data diolah menggunakan PLS SEM. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan Kualitas Situs Web berpengaruh positif terhadap Kualitas Informasi Akuntansi Persepsian. Sebaliknya, Asimetri Informasi Persepsian dan Kredibilitas Signal tidak terbukti memoderasi hubungan antara Kualitas Situs Web dan Kualitas Informasi Akuntansi Persepsian. Sebagai tambahan, penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Informasi Akuntansi Persepsian mempengaruhi Kepercayaan (trust) para MI atas Kualitas Informasi Akuntansi emiten.

Kata kunci: Kualitas Situs Web, Asimetri Informasi Persepsian, Kredibilitas Signal, Kepercayaan akan Kualitas Informasi Akuntansi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)
ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.