Theory of planned behavior dan readiness for change dalam memprediksi niat implementasi peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010

Nadhira Afdalia, Grace T. Pontoh, Kartini Kartini

Abstract

Theory of Planned Behavior (TPB) telah digunakan dalam penelitian tentang keperilakuan untuk menunjukkan bahwa perilaku tidak sepenuhnya di bawah pengaruh dari individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) sikap terhadap perilaku, (2) norma subjektif, (3) kontrol perilaku persepsian, dan (4) kesiapan untuk berubah terhadap niat untuk mengimplementasikan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntasi Pemerintahan Berbasis Akrual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah kepala dinas dan kepala bidang di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota dan Kabupaten seluruh Sulawesi Tengah. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa attitude toward behavior, subjective norms, dan readiness for change mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap niat, sementara itu perceived behavioral control tidak mengindikasikan pengaruh yang signifikan terhadap niat.

Kata kunci: Theory of planned behavior, readiness for change, niat.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)
ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.