Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh asimetri informasi dan analyst coverage terhadap konservatisma akuntansi. Pendekatan net assets measures digunakan untuk mengukur konservatisma akuntansi. Sementara, asimetri informasi dan analyst coverage diukur menggunakan bid-ask spread dan analyst following. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Data dikumpulkan menggunakan metode purposive random sampling dan terpilih 124 perusahaan. Hasil penelitian menemukan bukti bahwa terdapat pengaruh positif antara asimetri informasi dan analyst coverage terhadap tingkat konservatisma akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar asimetri informasi antara insider dan outsider investor dan semakin banyak analis yang melakukan analisis terhadap perusahaan maka penerapan tingkat konservatisma dalam laporan keuangan semakin tinggi pula.

Penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan bagi regulator dan badan penyusun  standar mengenai peran penting konservatisma akuntansi sehingga tidak ada upaya untuk menghilangkannya dalam praktek akuntansi. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi mengenai peran analis sebagai pihak yang mendorong penyajian laporan keuangan yang akurat sehingga mampu mengurangi asimetri informasi dan meminimalkan perilaku oportunistik manajer.

Article Details

Author Biographies

Atik Isniawati, Program Studi Akuntansi, Universitas Darma Persada, Jakarta, Indonesia (Mahasiswa PDIE Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Atik Isniawati adalah dosen akuntansi di Fakultas Ekonomi , Universitas Darma Persada. Ia adalah lulusan S1 dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan mendapatkan gelas Master Akuntansi dari Universitas Trisakti. Sekarang, Ia sedang menempuh pendidikan S3 pada Program Doktor Ilmu Ekonomi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Rahmawati Rahmawati, Program Studi Akuntansi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Rahmawati adalah dosen akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Is menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta (1991), mendapatkan gelas Master Akuntansi dan Doktor Akuntansi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (1997 dan 2007). Ia mendapatkan gelas guru besar (professor) tahun 2009 dan saat ini aktif menjadi asesor BAN PT serta reviwer di penelitian internal UNS dan penelitian produktif LPDP.

Agus Budiatmanto, Program Studi Akuntansi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Agus Budiatmanto adalah dosen akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Ia mendapatkan gelas sarjana akuntansi dan master akuntansi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

References

  1. Ahmed, A. S., dan S. Duellman. 2007. Accounting conservatism and board of director characteristics: An
  2. empirical analysis. Journal of Accounting and Economics 43 (2–3): 411–437.
  3. Basu, S. 1997. The conservatism principle and the asymmetric timeliness of earnings. Journal of Accounting and
  4. Economics 24 (1): 3–37.
  5. Bliss, J. H. 1924. Management through accounts. Madison: Ronald Press Company.
  6. Dechow, P. M. 1994. Accounting earnings and cash flows as measures of firm performance: The role of
  7. accounting accruals. Journal of Accounting and Economics 18 (1): 3–42.