https://journal.uii.ac.id/JABIS/issue/feedJurnal Aplikasi Bisnis2024-06-21T07:54:53+00:00Drajat Armono[email protected]Open Journal Systems<p><strong>Jurnal Aplikasi Bisnis (JABIS)</strong> is a peer-reviewed journal published twice a year (Juny and December), focusing on the Indonesian economy and business in today's rapidly changing economic environment. The scope of JABIS is to publish original empirical work, particularly in three salient disciplines: Finance, business, and accounting which have a significant impact on the theory and practice of business, public organization, and other institutions. The JABIS was launched in 2005 and has been indexed by Science and Technology Index (SINTA) S5.</p>https://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/34441Investigasi Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 Dalam Konteks Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)2024-06-06T08:24:11+00:00Dodi Setiawan Riatmaja[email protected]Dinda Sukmaningrum[email protected]<p>Dalam literatur, penelitian yang cukup terbatas mengenai topik Society 5.0. Penelitian ini menguji keberadaan Society 5.0 dan efektivitas Industry 4.0, serta mengevaluasi efisiensi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs) dalam proses tersebut, terutama di Indonesia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data yang diperoleh melalui kuesioner berisi 30 pertanyaan yang dilakukan kepada 335 akademisi yang bekerja di Universitas X. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis faktor eksploratori dengan program SPSS, analisis faktor konfirmatori dengan AMOS, dan pemodelan persamaan struktural dengan Smart PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa SDG9, SDG10, SDG11, SDG12, SDG13, dan SDG14 memiliki pengaruh rendah (yaitu, R2: 0,172) terhadap penerapan Industry 4.0 dan Society 5.0. Selain itu, juga ditemukan bahwa para peserta sangat dipengaruhi oleh situasi yang ada dan memberikan tanggapan sesuai dengan dampak tersebut. Studi ini juga mengungkapkan bahwa Indonesia tidak memiliki filosofi unggulan dalam bidang Society 5.0 dan Industry 4.0, dan kemajuannya terhambat karena terlalu fokus pada proses-proses yang sudah ketinggalan zaman.</p>2024-06-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnishttps://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/33453Analisis To Do List Pada Aplikasi MonSAKTI Tahun 20232024-03-18T04:52:16+00:00Alya Nadhifah Salsabila Salsabila[email protected]Ayu Chairina Laksmi[email protected]<p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana alur rekonsiliasi MonSAKTI terkini dan implementasi penyelesaian fitur to do list pada aplikasi MonSAKTI di Kantor A tahun 2023 dalam menyajikan kualitas data Laporan Keuangan. Teknik pengambilan sampel dalam wawancara semi terstruktur adalah responden yang menggunakan aplikasi MonSAKTI. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang dikumpulkan dari wawancara semi terstruktur, tinjauan pustaka, dan peraturan pemerintah. Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian adalah analisis tematik dengan pengolahan data menggunakan metode treduksi data, metode pengkodean dengan klasifikasi tema dan subtema serta penentuan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alur rekonsiliasi terbaru aplikasi Monsakti tahun 2023 mengalami perubahan dan melakukan penyelesaian to do list yang harus segera ditindaklanjuti agar kualitas data laporan keuangan valid dan akurat.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> To do list, Rekonsiliasi, MonSAKTI</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to analyze how the latest MonSAKTI reconciliation flow and the implementation of completing to do list feature in the MonSAKTI application in Office A in presenting the quality of Financial Report data. The sampling technique using a semi-structured interview method is the respondent that uses the MonSAKTI application. The data sources used in this research are primary data, namely data collected from semi-structured direct interviews, literature reviews, and government regulations. The qualitative approach used in the study is thematic analysis with data processing using methods of condensation, data reduction, conclusion determination, and the method of coding with theme and sub-theme classification. The results of this research show that the latest reconciliation flow for the Monsakti application in 2023 has changed and to do lists that have not been completed must be followed up immediately so that the quality of the financial report data is valid and accurate.</em></p> <p><strong><em>Keyword:</em></strong><em> To do list, Reconciliation, MonSAKTI</em></p>2024-06-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnishttps://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/33475Analisis Implementasi Pajak atas Pemakaian Listrik Rumah Tangga2024-05-30T04:47:03+00:00Maulana Riko Setyansah[email protected]Selfira Salsabilla[email protected]<p><strong>Abstrak </strong>: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pajak pusat dan pajak daerah, yang meliputi Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penerangan Jalan (PPJ), dan Pajak Bea Materai atas pemakaian jenis listrik golongan R-3 rumah tangga dengan pemakaian daya listrik di atas 6.600VA di salah satu daerah Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pajak penggunaan listrik pada UP3 tersebut sudah sesuai dalam hal perhitungan dan pemungutan. Proses pelaporan pemungutan PPN dilakukan oleh oleh PLN Pusat, yaitu UID Jawa Barat.</p> <p><strong>Kata kunci </strong>: PPN, PPJ, dan Pajak Bea Materai</p>2024-06-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnishttps://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/33592Audit Atas Piutang Usaha PT X2024-06-04T02:10:42+00:00Aldy Ryan Budi Sulistia[email protected]Neni Meidawati[email protected]<p>Audit merupakan prosedur sistematis untuk mengumpulkan dan menilai bukti yang berkaitan dengan pernyataan tentang aktivitas dan kejadian ekonomi yang beragam secara tidak memihak atau independent. Artikel ini mereview bagaimana prosedur audit dilakukan oleh suatu kantor akuntan publik terutama dibagian piutang usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum prosedur audit piutang oleh KAP Dian Utami dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan audit bagi PT X yang dilakukan oleh KAP Dian Utami di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Observasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan Teknik analisis deskriptif yaitu dengan melakukan pengamatan, pembicaraan, dan bahan tertulis. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu Prosedur audit pada KAP Dian Utami terhadap PT X sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Auditor menjalakan tugasnya tanpa memihak kepada siapapun, sehingga hasil audit dapat dikatakan benar karena sesuai dengan keadaan sebenarnya</p>2024-06-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnishttps://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/33901Pengaruh Direktur Asing, Tingkat Pendidikan Komisaris, Sistem Manajemen Lingkungan, dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Emisi Karbon2024-05-27T04:08:44+00:00Drajat Armono[email protected]Adimas Akhmad Santosa[email protected]Nurhayanto[email protected]<p>Pendekatan untuk menghadapi permasalahan pemanasan global adalah melalui pengungkapan emisi karbon yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan bukti empiris mengenai sejauh mana keberadaan direktur asing, tingkat pendidikan komisaris, sistem manajemen lingkungan, dan kinerja lingkungan berdampak pada pengungkapan emisi karbon. Penelitian ini mencakup seluruh perusahaan manufaktur tahun 2021-2022 dalam populasi, dengan sampel penelitian terdiri dari 150 perusahaan yang dipilih menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data sekunder dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan direktur asing dan tingkat pendidikan komisaris tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon. Sementara itu, sistem manajemen lingkungan dan kinerja lingkungan terbukti memiliki dampak yang signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon.</p>2024-06-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnishttps://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/33921Analisis Dampak PDRB, Investasi, Rata-rata lama Sekolah dan Upah Minimum terhadap Kesempatan Kerja: Sebuah Studi Empiris Di Jawa Tengah tahun 2018-20222024-05-07T04:17:03+00:00Diana Wijayanti[email protected]Rahmannisa Mufarrah[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak PDRB, investasi, rata-rata lama sekolah dan upah minimum Kabupaten/Kota terhadap kesempatan kerja di Propinsi Jawa Tengah tahun 2018-2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BPS. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan pendekatan <em>Fixed Effect Model</em> (FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDRB dan investasi berpengaruh positif terhadap kesempatan kerja, upah minimum berpengaruh negatif terhadap kesempatan kerja, sementara rata-rata lama sekolah tidak berpengaruh terhadap kesempatan kerja di Jawa Tengah. Temuan ini mengimplikasikan bahwa untuk meningkatkan kesempatan kerja di Jawa Tengah, pemerintah daerah perlu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam hal ini adalah pertumbuhan PDRB dan investasi, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program pendidikan dan pelatihan yang lebih baik. Selain itu, pemerintah perlu mempertimbangkan kebijakan upah minimum yang lebih tepat untuk menciptakan lingkungan yang kondusfi bagi penciptaan lapangan kerja baru.</p>2024-06-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnishttps://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/34260Mekanisme Restrukturisasi Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kebumen2024-05-29T13:59:06+00:00Isnaeni Khosyati [email protected]Annisa Rahima[email protected]<p>Penelitian bertujuan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kredit bermasalah beserta mekanisme pemberian restrukturisasi pinjaman KUR pada BRI Kantor Cabang Kebumen. Faktor yang menyebabkan kredit bermasalah salah satunya penurunan pendapatan karena hasil usaha yang menurun, pemotongan gaji karyawan yang terdampak oleh <em>Covid-19</em>, dan pemutusan hubungan kerja debitur yang berpotensi memengaruhi kredit. Situasi ini dapat dianggap sebagai masalah kredit dikarenakan pinjaman yang telah diserahkan oleh bank tidak dapat dikembalikan sesuai dengan kesepakatan dalam perjanjian. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan restrukturisasi kredit dengan menerapkan analisis kelayakan 5C dapat menjadi langkah penyelamatan yang efektif untuk menghindari kerugian akibat kredit bermasalah di BRI Kantor Cabang Kebumen sebagai pemberi pinjaman. Dalam pelaksanaannya, restrukturisasi harus mematuhi prinsip-prinsip manajemen risiko dan kehati-hatian. Nasabah yang memenuhi syarat untuk mendapatkan restrukturisasi adalah mereka yang masih memiliki potensi bisnis yang positif dan memiliki kemampuan untuk terus berkelanjutan dalam menjalankan usahanya.</p> <p><strong>Kata Kunci: Kredit Bermasalah, KUR BRI, Restrukturisasi</strong></p>2024-06-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnishttps://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/34308Penilaian Tingkat Kesehatan BUMN Ditinjau dari Rasio Keuangan (Studi Pada PT Telkom Indonesia Tbk)2024-05-26T03:18:51+00:00Zikri Illahi [email protected]Khoirina Noor Anindya[email protected]Mellisa Fitri Andriyani Muzakir [email protected]Tri Lestari Wahyuning Utami [email protected]Arief Darmawan [email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kesehatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-100/MBU/2002. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif naratif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diterbitkan oleh PT Telkom Indonesia Tbk dalam kurun waktu 5 tahun (2017 – 2021). Terdapat 4 rasio keuangan utama yang digunakan yaitu profitabilitas, likuiditas, aktivitas dan solvabilitas. Untuk mengukur keempat variabel tersebut maka digunakan 8 proksi (indikator) yaitu <em>Return on Equity</em> (ROE), <em>Return on Investment</em> (ROI), <em>Cash Ratio</em>, <em>Current Ratio</em>, <em>Collection Period</em>, Perputaran Persediaan, <em>Total Aset</em> terhadap Total Aset <em>Turnover</em> (TATO), dan Total Modal Sendiri (TMS) terhadap Total Aset. Rata-rata skor dari perhitungan 8 indikator tersebut adalah 89,14 dimana dalam kategori penilaian tingkat kesehatan adalah AA yang artinya perusahaan mendapatkan predikat “Sehat”.</p>2024-06-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnishttps://journal.uii.ac.id/JABIS/article/view/34852Implementasi Manajemen Risiko Pada Produk Cicil Emas di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Sleman 22024-06-20T06:17:46+00:00Wiwid Puspitasari1[email protected]Rizqi Adhyka Kusumawati[email protected]<p><em>Financing risk is often associated with failure to pay risk, which refers to bank losses when there are problems with the financing provided to customers. Risks that arise as the banking sector grows can have a negative impact on the company. One way to handle risk is to carry out good risk management. This research aims to determine the risks in the Gold Installment product at PT Bank Syariah Indonesia KCP Sleman 2, Tbk and the implementation of risk management in the Gold Installment product at PT Bank Syariah Indonesia KCP Sleman 2, Tbk. This report was written using data collection methods obtained through interviews and document study directly with PT Bank Syariah Indonesia KCP Sleman 2, Tbk. The results of this internship report show that there are several ways that PT Bank Syariah Indonesia KCP Sleman 2, Tbk does to anticipate risks with the initial steps, namely identifying risks, measuring risks, monitoring risks and handling risks in accordance with Financial Services Authority Regulation (POJK) No. .65/POJK.03/2016 concerning the Implementation of Risk Management for Sharia Commercial Banks and Sharia Business Units. PT Bank Syariah Indonesia KCP Sleman 2, Tbk has implemented these stages quite well so that it can prevent existing risks.</em></p>2024-06-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnis