Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Abdimas Madani dan Lestari (JAMALI) adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan dan dikelola oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Indonesia. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat.  JAMALI menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas kedalam format pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup:

  1. Pendidikan
  2. Teknik
  3. Pertanian
  4. Sains
  5. Sosial
  6. Komputer
  7. Bisnis dan Ekonomi
  8. Bahasa

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses Peer Review

Peer reviewer berhak memberikan beberapa umpan balik kepada penulis untuk mendorong kualitas naskah dan editor yang diterbitkan untuk pengambilan keputusan kebijakan editorial sesuai dengan keahlian mereka masing-masing.

Kerelaan

Peer reviewer harus memberi tahu editor tentang kesediaan untuk melakukan review pada naskah yang akan diterbitkan. Jika tidak mau, peer reviewer harus memberi tahu editor.

Kerahasiaan

Naskah yang ditinjau adalah dokumen rahasia. Dilarang berkomunikasi dengan pihak lain tanpa izin penulis.

Objektivitas standar

Peer reviewer harus berpegang pada prinsip-prinsip objektivitas dan menghindari kritik pribadi terhadap penulis naskah selama proses peninjauan. Semua komentar harus disertai dengan saran yang jelas dan mendukung.

Referensi Kejelasan

Peer Reviewer direkomendasikan untuk memberikan informasi kepada penulis penelitian dengan literatur, atau studi kasus yang relevan yang belum dikutip, memiliki kesamaan substansial atau tumpang tindih dengan naskah yang ditinjau.

Konflik kepentingan

  • Peer reviewer tidak diizinkan untuk menggunakan bahan naskah yang tidak dipublikasikan untuk penggunaan pribadi tanpa persetujuan tertulis dari penulis, dalam kondisi apa pun.
  • Informasi dan ide yang terkandung dalam naskah yang diulas adalah rahasia dan tidak boleh didistribusikan atau digunakan untuk keuntungan pribadi.
  • Jika memiliki konflik kepentingan karena alasan persaingan, kolaborasi, atau hubungan lainnya dengan penulis, lembaga atau perusahaan yang terlibat dalam penerbitan, peer reviewer tidak diizinkan untuk mengevaluasi naskah terkait.

 

Archiving

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Publication Frequency

Penerbitan jurnal ini akan dilakukan dalam satu tahun sebanyak dua kali terbit yaitu pada bulan Maret dan September.

 

Open Access Policy

Untuk saat ini, JAMALI memberlakukan kebijakan akses secara bebas dan dapat diunduh secara gratis (free of charge) hanya untuk kepentingan akademik.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...