Main Article Content

Abstract

Pengembangan potensi kewirausahaan mahasiswa merupakan salah satu aspek dalam visi dan misi Universitas PGRI Madiun yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan. Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun memiliki potensi kewirausahaan berupa budidaya dan agribisnis seperti hidroponik, kebun biologi, jamur, dan budidaya lele. Vertiminaponik merupakan inovasi agribisnis dengan menggabungkan perikanan dan hidroponik. Kegiatan ini dilakukan mulai bulan April sampai September 2019. Sasaran dari program ini mahasiswa Pendidikan Biologi sejumlah 15 orang. Langkah awal dalam menjalankan usaha ini adalah dengan perekrutan mahasiswa, pemberian materi, start up bussiness, pemasaran dan analisis biaya. Hasil dari kegiatan ini adalah vertiminaponik dapat dilakukan dengan baik dan sangat potensial menjadi bidang usaha mahasiswa Pendidikan Biologi. Vertiminaponik dapat menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa Pendidikan Biologi. Adanya peningkatan income mahasiswa dan program studi Pendidikan Biologi dengan laba selama tiga bulan pertama sejumlah Rp. 2.294.000.-. Tim dosen juga berkomitmen untuk terus mendampingi mahasiswa dalam menjalankan usaha bisnisnya sampai siap untuk mandiri. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan merekrut lebih banyak mahasiswa dengan program yang lebih kompleks dan komprehensif.

Keywords

Kewirausahaan Mahasiswa Vertiminaponik

Article Details

References

  1. Anwari, K., Rangga, H. D., & Na'imah, H. H. (2017). Taman Produktif Masyarakat dengan Vertical Garden by Aquaponik System (Vgas) Berbasis Distribusi Terkendali di Kampung Code Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa, 1(1), 23-32.
  2. Dewi, A. N. (2019). Vertiminaponik Sebagai Modal Ekonomi Masyarakat Kampung Sewu Dalam Praktik Mitigasi Bencana Banjir. ASKETIK, 3(1), 17-28.
  3. Handriani, E. 2011. Pengembangan Kualitas Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Inkoma 22 (1) 83-95
  4. Kasih Y. 2013. Mewujudkan Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. Forum Bisnis dan Kewirausahaan. 2 (2) 164-181
  5. Kusparwanti, T. R., Wihartiningsih, N., & Putri, S. U. (2018). Penerapan Teknologi Vertiminaponik di Kawasan Perkotaan Lingkungan Kloncing Kabupaten Jember. Prosiding, 3.
  6. Lestari, R. B., & Wijaya, T. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. In Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP (Vol. 1, No. 2, pp. 112-119). STIE MDP.
  7. Rokhmah, N. A., Ammatillah, C. S., & Sastro, Y. (2014). Vertiminaponik, Mini akuaponik untuk Lahan Sempit di Perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan, 4(2), 14-22.
  8. Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1), 21-30.
  9. Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat kewirausahaan (entrepreneurial intention). Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 13(2), 124-134.
  10. Susilaningsih. 2015. Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Pentingkan untuk Semua Profesi?. Jurnal Economia 11(1) 1-9
  11. Tustiyani, I., & Sinaga, V. R. (2018). Sosialisasi Sistem Vertiminaponik di Desa Cidatar Kecamatan Cisurupan Kababupaten Garut. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 201-206.
  12. Vilathuvahna, A. A., & Nugroho, T. R. (2015). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (Entrepreneurial Intentions of Trunojoyo University of Madura Students). Agriekonomika, 4(1), 107-119.