Main Article Content

Abstract

This study aims to determine the effects of human resource competence, internal control system, application of government accounting standards, utilization of information technology, and regional financial supervision on the quality of local government financial reports of Gunung Kidul Regency. The population of this study is the Regional Work Units in Gunung Kidul Regency. The sampling method used was purposive sampling where 86 respondents were selected as the research samples. The results of this study indicate that the competence of human resources, internal control system, application of government accounting standards, use of information technology, and regional financial control have proven to have significant and positive effects on the quality of local government financial reports of Gunung Kidul Regency. This result contributes to improving the quality of financial reports of Gunung Kidul Regency Government by upgrading the competence of its employees in accounting and finance, establishing effective internal control system, applying the government accounting standards, maximizing the use of information technology, and performing regional financial supervision.

Keywords

Human resource competence internal control system utilization of information technology quality of local government financial reports

Article Details

How to Cite
Marfuah, M., Istiqomah, E. N. ., Ayuntari, C. G., & Prasetyo, P. P. . (2023). Determinants of quality of the financial statements of Gunung Kidul Regency Government. Journal of Contemporary Accounting, 5(1), 12–27. https://doi.org/10.20885/jca.vol5.iss1.art2

References

  1. Armando, G. (2013). Pengaruh sistem pengendalian intern pemerintah dan pengawasan keuangan daerah terhadap nilai informasi laporan keuangan pemerintah (Studi Empiris pada SKPD di Kota Bukittinggi). Jurnal akuntansi, 1(1), 1-25.
  2. Darmawan, A., & Darwanis, D. (2018). Pengaruh sistem pengendalian internal, pemanfaatan teknologi, kompetensi sumberdaya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan SKPD Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 3(1), 9-19.
  3. Davis, & Donaldson. (1997). Toward a stewardship theory of management. Academy of Management Review, 22(1), 20-47
  4. Dewayanto, T. (2018). Peran teknologi dan WEB dalam akuntansi. Fokus Ekonomi, 13(1), 135–145.
  5. Efendi, L., Darwanis, D., & Abdullah, S. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelaporan keuangan daerah (studi pada satuan kerja perangkat Kabupaten Aceh Tengah). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 3(2), 182-195.
  6. Karsana, I. W., & Suaryana, I. G. N. A. (2017). Pengaruh efektivitas penerapan SAP, kompetensi SDM, dan SPI pada kualitas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bangli. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(1), 643-670.
  7. Kiranayanti, I. A. N & Erawati, N. M. A. (2016). Pengaruh sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, pemahaman basis akrual terhadap kualitas laporan keuangan daerah. E-Jurnal Akuntansi, 16(2), 1290–1318.
  8. Kurniawati, I., Rispantyo., & Kristianto, D. (2018). Pengaruh kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan sistem pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan laporan keuangan. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 14(1), 76-88.
  9. Lasmara, F., & Rahayu, S. (2016). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia, perangkat pendukung dan peran auditor internal terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(4), 231-242.
  10. Mahaputra, I. P. U. R., & Putra, I. W. (2014). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi kualitas informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 8(2), 230-244.
  11. Mahmudi. (2016). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Edisi Ketiga. Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  12. Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
  13. Menteri Dalam Negeri. (2010). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 51 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2011. Jakarta.
  14. Mulyani, P., & Suryawati, R. F. (2013). Analisis peran dan fungsi sistem pengendalian intern pemerintah (X3.P/PP No. 60 Tahun 2008) dalam meminimalisasi tingkat salah saji pencatatan akuntansi keuangan pemerintah daerah. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 13(5), 102-116.
  15. Nilam, S. (2016). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemahaman Akuntansi, Penerapan Sap, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bungo). JOM Fecon, 3(1): 1478-1490.
  16. Sari, N., Hasan, A., & Diyanto, V. (2016). Pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pemahaman akuntansi, penerapan SAP, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (studi empiris pada satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Bu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 3(1), 1478-1490.
  17. Pasoloran, O., & Rahman, F. A. (2001). Teori stewardship: tinjauan konsep dan implikasinya pada akuntabilitas organisasi sektor publik. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 3(2), 419-432.
  18. Pemerintah RI. (2006). Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta
  19. Pemerintah RI. (2008). Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Jakarta
  20. Pemerintah RI. (2010a). Peraturan Pemerintah Nomor 71 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Jakarta.
  21. Pemerintah RI. (2010b). Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2005 Tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jakarta
  22. Pujanira, P., & Taman, A. (2017). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia, penerapan standar akuntansi pemerintahan, dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DIY. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(2), 14-28.
  23. Rahmawati, A., Mustika, I. W., & Eka, L. H. (2018). Pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan SKPD Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 20(2), 8-17.
  24. Roviyantie, D. (2011). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan. penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (survei pada organisasi perangkat daerah Kabupaten Tasikmalaya). Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi. Retrieved from https://adoc.pub/pengaruh-kompetensi-sumber-daya-manusia-dan-penerapan-sistem.html
  25. Setyowati, L., Isthika, W., & Pratiwi, R. D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Semarang. Kinerja, 20(2), 179-191.
  26. Soimah, S., & Aprila, N. (2014). Pengaruh Kapasitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Utara. Universitas Bengkulu. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/8205/.
  27. Sukmaningrum, T., & Harto, P. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah: studi empiris pada Pemerintah Kabupaten dan Kota Semarang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dipenegoro. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/35305/.
  28. Sumarni, L., Tanjung, A. R., & Anggraini, L. (2016). Faktor–faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan komitmen organisasi sebagai pemoderasi (studi pada SKPD Kota Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 3(1), 462-476.
  29. Surastiani, D. P., & Handayani , B. D. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah. Jurnal Dinamika Akuntansi, 7(2), 139-149.
  30. Triwahyuni, M., Azlina, N., & Silfi, A. (2016). Pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan SKPD (studi pada Pemerintah Daerah Kota Dumai). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 3(1), 2312-2326.