Main Article Content

Abstract

Latar Belakang
Sekolah merupakan sebuah lembaga penunjang mutu pendidikan dan perkembangan anak agar dapat tercipta sumber daya manusia yang berkualitas. Pemerintah dalam undangundang kesehatan tahun 2009, menyatakan bahwa segala aspek upaya kesehatan ditujukan agar merata dalam pelaksanaannya, termasuk lingkungan sekolah yaitu salah satunya melalui pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dilaksanakan melalui Trias UKS.

Tujuan
Untuk mengetahui bagaimana pandangan serta pengalaman pelaku pendidikan formal terhadap pelaksanaan UKS di tingkat SMP di Kabupaten Sleman.

Metode
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan menggunakan rancangan. penelitian studi kasus. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah para siswa/siswi tingkat SMP Negeri serta guru Pembina dari UKS yang ada disekolah sebagai sasaran dari objek penelitian ini, yaitu pelaksanaan UKS. Pemilihan narasumber dilakukan dengan metode purposive sampling serta judgement sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi non partisipatif, dan dokumentasi.

Hasil
Hasil yang diperoleh adalah pengetahuan tentang UKS menurut segi pandangan serta pengalaman pelaku pendidikan formal berkisar di dalam ruang lingkup UKS sebagai sebuah sarana pelayanan kesehatan. Keberhasilan pelaksanaan UKS berasal dari teratasinya masalah baik deri segi tingkat kepedulian warga sekolah terhadap UKS, serta masalah sarana dan prasarana yang mengacu pada masalah administrasi instansi yang bersangkutan.

Kesimpulan
UKS adalah sebuah sarana pelayanan kesehatan primer yang berada di sekolah dan bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan peserta didik dengan tindakan preventif. UKS dapat dibantu kelola oleh siswa dan keberhasilan UKS tidak lepas dari mutu pelayanan serta sarana dan prasana yang membutuhkan sumber dana yang cukup dan juga perilaku sehat dari siswa sekolah.

 

Article Details

How to Cite
A, R., & Sunarto, S. (2016). PANDANGAN DAN PENGALAMAN PELAKU PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PELAKSANAAN UKS DI TINGKAT SMP DI KABUPATEN SLEMAN. JKKI : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 7(5), 13–27. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JKKI/article/view/6716